Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan BI Jatim Hadir di Kangean

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com – Tepat pukul 08.50 WIB, Rabu (21/3/2018), Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur tiba di daratan Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) Sidat, mereka telah mengarungi lautan sekitar 21 jam, setelah dilepas Kepala KPw BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah, dari Pangkalan Komando Armada Timur TNI AL, Dermaga Ujung, Surabaya, Selasa (20/3/2018) pukul 11.40 WIB.

Turun dari kapal milik TNI-AL tersebut, Tim BI yang terdiri dari 18 personil terus menuju area Kantor Kecamatan Arjasa di Pulau Kangean yang dijadikan tempat untuk layanan penukaran uang sekaligus sosialisasi ke masyarakat setempat.

Dengan kawalan petugas TNI-AL juga, mereka membawa uang segar Rp4,850 milyar yang terdiri dari pecahan seribuan sampai seratusan ribu rupiah. Jumlah ini separo lebih dari total yang mereka bawa dari Surabaya sebanyak Rp8,5 milyar.

Menurut Nurkolis, Asisten Manager BI KPw Jatim yang ikut bersama Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan ini, pembagian jumlah uang tukar di pulau-pulau terpencil yang mereka tuju disesuaikan permintaan. Dan, permintaan tukar di Pulau Kangean memang terbanyak dibandingkan pulau lainnya.

Dijelaskan, Bank Jatim di Kangean sudah pesan tukar Rp1,540 miliar, ditambah pesanan BRI di pulau ini Rp600 juta. Sedangkan selebihnya diharapkan akan ditukar langsung oleh masyarakat Kecamatan Arjasa Rp1,860 miliar dan Kecamatan Kayangan Rp850 juta.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan kali ini, selain ke Pulau Kangean juga siap melanjutkan jangkauannya ke Pulau Sapeken, Pulau Kalambau atau Pulau Matasiri, dan terakhir Pulau Karumputan.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai 26 Maret 2018 dengan menggunakan KRI Sidat yang dipimpin Mayor Irwin dari TNI AL. Ini merupakan kelanjutan kerjasama BI dan TNI AL sejak 2015.

Program ini merupakan inisiatif BI untuk meningkatkan perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan kas BI hingga mencapai area desa yang selama ini sulit mendapat uang dengan kualitas yang baik.

Sebab sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang, BI berkewajiban menyediakan uang rupiah berkualitas baik sampai di seluruh wilayah NKRI. Tidak hanya di perkotaan saja, tapi juga di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil.

Mendampingi Manager BI KPw Jatim, Yonatha F Warae, Nurkolis mengatakan, di Kangean hari ini, Rabu (21/3/2018), Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan BI Jatim selain membuka layanan penukaran uang segar juga sosialisasi tentang uang, baik ke masyarakat maupun ke perbankan.

Lebih dari itu, lanjut Nurkolis, pihaknya siap menggelar hiburan orkes dangdut untuk masyarakat Kangean di Lapangan Arjasa pada malam hari ini.

“Hiburan ini untuk mengundang massa supaya datang sekalian tukar uang yang sudah lusuh atau rusak dengan uang yang masih gres,” pungkasnya. (Ganefo)

Teks Foto: Tim Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan BI Jatim saat menurunkan uang baru di Gudang Bank Jatim sebelah Kantor Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Sumenep, Rabu (21/3/2018) pukul 10.00 WIB.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *