Personil Kodim 0825 Ikuti Pembinaaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puan Ter) Triwulan IV TA. 2018

oleh -171 views

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam rangka upaya meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat seluruh personel jajaran Kodim 0825 Banyuwangi mengikuti kegiatan pembinaaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial (Binsiap Apwil dan Puan Ter) Triwulan IV TA. 2018 yang dilaksanakan di Aula Pangsar Sudirman Kodim 0825 Banyuwangi. Rabu, 17/10/2018

Sejalan dengan Keberadan Visi pembinaan teritorial (Binter) yakni keterpaduan kebersamaan dan kesinambungan serta sesuai dengan Implementasi Binter saat ini Binter merupakan tugas utama dari aparat kewilayahan yang dilakukan sesuai dengan bidang masing-masing.

www.beritalima.com

Melalui kegiatan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan Teritorial Triwulan IV TA. 2018 Prajurit Kodim 0825 Banyuwangi diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik secara perorangan maupun secara kelompok kepada seluruh komponen masyarakat guna menyampaikan program-program pembangunan sehingga masyarakat di wilayah Jakarta Selatan dapat menerima, mengerti dan melaksanakan dengan baik tanpa tekanan, sehingga terjadi ikatan kerja sama yang baik guna membentuk daya tanggap pertahanan Negara di darat yang kokoh dan kuat.

Dalam pelaksanaan Pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan IV TA. 2018 oleh Tim dari Staf Teritorial Korem 083/Baladhika Jaya kepada seluruh Babinsa jajaran Kodim 0825 Banyuwangi ini agar Babinsa selaku aparat kewilayahan dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mampu melakukan deteksi dini (temu cepat dan lapor cepat) dalam setiap kejadian diwilayahnya.

Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawadi Karnawan dalam sambutannya mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan,” kami ucapan terimakasih kepada Tim dari Korem 083/Baladhika Jaya yang telah tiba di Kodim 0825 Banyuwangi untuk memberikan pembekalan kepada para Babinsa selaku aparat kewilayahan yang nantinya agar mampu dalam melaksanakan tugas diwilayahnya masing – masing, karena seorang aparat Komando Kewilayahan dituntut harus mampu melakukan tugas dengan baik serta mampu melakukan cegah dini apabila diwilayahnya terjadi sesuatu dan segera lakukan laporan pendahuluan kepada Danramil dimasing – masing wilayah agar pimpinan dapat segera mengambil langkah selanjutnya serta lakukan koordinasi dengan aparat terkait,”tuturnya

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan juga menambahkan dalam pelaksanaan Pembinaan Kesiapsiagaan Aparat Kewilayahan dan Kempauan Teritorial Triwulan IV TA. 2018 dalam kegiatan pembekalan ini dengan sebaik baiknya serta tanyakan kepada para Gumil selaku penyampai an materi apabila para Babinsa merasa belum mengetahui dan ragu atas langkah dan keputusan dalam setiap kejadian diwilayah,”imbuhnya.

Dalam pelaksanaan tersebut sangat penting pembinaan kesiapan dan kemampuan teritorial bagi seluruh aparat komando kewilayahan sehingga memiliki kepribadian dan wawasan pengetahuan serta kemampuan untuk melaksanakan Binter dan terwujudnya kesamaan standar kemampuan aparat komando kewilayahan di satuan jajaran dalam rangka menjabarkan dan mengaplikasikan pembinaan teritorial sesuai kondisi wilayahnya masing-masing.

Selanjutnya hal-hal yang perlu disampaikan pada pelaksanaan pembinaan kesiapan dan kemampuan teritorial triwulan IV Tahun 2018 ini adalah menyangkut tentang sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Tiga metode pembinaan teritorial, dan ditambah lagi dengan materi Tingkatkan ekonomi masyarakat disekitar Satuan Binaan, Kondisi alam wilayah binaan, Adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan dan Perkembangan teknologi dan infomasi. Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiapan dan kemampuan aparat komando kewilayahan yang senantiasa dilaksanakan dalam rangka menghadapi berbagai kemungkinan, dinamika dan fenomena yang setiap saat terjadi di wilayah, seperti gangguan keamanan, kerusuhan sosial maupun ancaman bencana alam.

Oleh karena itu senantiasa diperlukan kesiapan, keterpaduan, koordinasi dan komunikasi antar Aparat Kewilayahan yang ada di wilayah/satuan jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, hal tersebut merupakan kata kunci yang paling penting karena semakin kuat keterpaduan dan koordinasi yang dilakukan, maka upaya yang ditempuh dalam mengatasi segala permasalahan di wilayah akan semakin efektif, dengan demikian perlu dibuat suatu rencana penyelenggaraan pembinaan Kesiapan Aparat Kowil dan kemampuan Teritorial di wilayah Kodim 0825 Banyuwangi sebagai Pedoman bagi satuan koramil di jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, Untuk mencapai keberhasilan tugas maka setiap prajurit harus tetap memegang teguh Sapta Marga Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat terus terjalin, dalam menciptakan situasi yang kondusif. Dengan adanya situasi yang kondusif maka pembangunan di wilayah Jakarta Selain terus berkembang sesuai harapan seluruh masyarakat Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dihadiri selain dihadiri oleh Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan juga di hadiri oleh Mayor Inf Hendro Santiko Aji Pasi Wanwil Ster Korem 083 Baladhika Jaya, Para Danramil Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, Para Perwira Staf Kodim 0825 Banyuwangi dan Para Babinsa Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut Mayor Inf Hendro Santiko Aji Pasi Wanwil Ster Korem 083 Baladhika Jaya Setelah melaksanakan kegiatan pembekalan di Aula Pangsar Sudirman Kodim 0825 Banyuwangi juga meninjau Koramil 0825/03 Glagah dan Koramil 0825/22 Licin untuk melaksanakan pengecekan administrasi Koramil yang akan disiapkan untuk mengikuti pelaksanaan Lomba Binter pada Tahun 2019 nantinya(Abi/Pen25) www.beritalima.com

www.beritalima.com