Tingkatkan Produktivitas Ternak Banyuwangi, FKH UNAIR Kenalkan Probiotik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Menjaga stabilitas produktivitas ternak sangat penting dalam memenuhi kebutuhan daging dan susu masyarakat. Terutama di tengah masih maraknya infeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti saat ini. Probiotik dapat menjadi salah satu alternatif dalam tetap menjaga, bahkan meningkatkan produktivitas ternak.

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Tim menggelar penyuluhan penggunaan produk probiotik sebagai peningkat produktivitas ternak melalui pakan alternatif di Kecamatan Kalipuro dan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Penyuluhan dan Workshop Probiotik

Muhammad Thohawi Elziyad Purnama drh MSi menuturkan pengabdian masyarakat kali ini meberikan penyuluhan terkait penggunaan probiotik sebagai pakan alternatif. Selain itu, dilakukan pembagian produk probiotik kepada masyarakat mitra yang hadir.

“Dalam pengmas kali ini, kita melakukan penyuluhan pentingnya probiotik, alternatif pakan apa saja yang dapat dimanfaatkan di musim kemarau, dan workshop pengolahan pakan dengan probiotik,” terangnya

50 Peternak Banyuwangi

Thohawi mengatakan kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan oleh dosen FKH Surabaya dan SIKIA banyuwangi, serta para mahasiswa. Termasuk diikuti puluhan peternak kambing dan domba.

“Penyuluhan diikuti oleh peternak kambing domba di Banyuwangi yang tergabung dalam Banyuwangi Goat Breeder (BGB) sebanyak 50 orang,” sambungnya.

Probiotik sebagai Pakan Alternatif Ternak

Kepala Program Studi Kedokteran Hewan SIKIA itu, berharap dari penyuluhan tersebut, masyarakat mitra akan dapat mengolah pakan alternatif menggunakan probiotik. Terutama sebagai pakan alternatif disaat musim kemarau tiba.

“Peternak hanya tinggal mencampur produk probiotik dalam pakan menjadi bentuk fermentasi. Dari acara ini, diharapkan masyarakat mitra dapat menerapkan olahan pakan probiotik sebagai alternatif pakan, terutama di musim kemarau,” jelas Thohawi.

Selain menjadi pakan alternatif, probiotik akan berdampak pada meningkatnya kualitas daging dan susu yang dihasilkan. Sehingga peternak akan merasakan peningkatan dampak secara ekonomi.

“Peningkatan produktivitas ternak, baik daging maupun susu, juga menjadi luaran yang ekonomis,” tutupnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait