Tinjau SPAM Umbulan, Sekdaprov Optimalisasi Penyerapan Dan Distribusi Kebutuhan Air Bersih Berkualitas

  • Whatsapp
Momen Sekdaprov Adhy Karyono meninju SPAM Umbulan Pasuruan

PASURUAN, beritalima.com|Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya mengoptimalkan penyerapan dan distribusi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di 5 Kab/Kota di Jawa Timur melalui peningkatan instalasi jaringan layanan sistem dan komitmen bersama antar stakeholder.

Dari data yang disampaikan pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan bahwa penyerapan distribusi air bersih sampai dengan hari ini baru terserap sebanyak 2215 liter/detik dari target 4000 liter/detik.

Bacaan Lainnya

Sebaran penyerapan distribusi air bersih terbesar di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 746 liter/detik. Selanjutnya Kota Surabaya 719 liter/detik, Kabupaten Gresik 478 liter/detik, kemudian PIER Pasuruan 118 liter/detik, Kabupaten Pasuruan 97 liter/detik, dan Kota Pasuruan sebesar 57 liter/detik

“Saya ingin memastikan bahwa sumber mata air dan instalasi SPAM Umbulan betul-betul terjaga dan bisa mecukupi kebutuhan yang telah ditargetkan. Konsentrasi kita akan membereskan urusan hilirnya yaitu offtaker yang menerima air berjalan dengan baik dan akhirnya kita bisa ekspansi memperoleh offtaker sesuai dengan project target yang sudah ditetapkan yakni 4000 liter/detik, yang sekarang masih dilevel 2200 liter/detik,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono saat meninjau Kantor SPAM Umbulan, Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, Minggu (5/3/2023).

Adhy menyebutkan, aspek infrastruktur menjadi salah satu kendala dalam hal proses produksi dan distribusi air bersih. Untuk itu, perlu dipastikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk bisa mendukung distribusi dan pemanfaatan air bersih di masyarakat berjalan baik sampai ke hilir.

Sebagai informasi, SPAM Umbulan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mengutamakan pemenuhan kebutuhan air minum berkualitas dengan harga terjangkau serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Jatim, Kepala Dinas PU & SDA Pemprov Jatim, Kepala Dinas PR & CK Pemprov Jatim, PT AB dan PT. Meta Adhya Tirta. (Yul)

beritalima.com

Pos terkait