Triwulan I 2022 Laba Bersih Bank Jatim Rp454 Miliar

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja positif di Triwulan I 2022.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, didampingi Direktur Komersial & Korporasi Edi Masrianto dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah R Arief Wicaksono, memaparkan, kinerja keuangan Bank Jatim di Triwulan I 2022 menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

“Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja Bank Jatim berada di atas pertumbuhan rata-rata,” kata Busrul usai analyst meeting di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Bank Jatim tetap mempertahankan asetnya di atas seratus triliun, dengan mencatatkan sebesar Rp105,65 triliun dan tumbuh 17,85%. Sedangkan laba bersih tercatat Rp454 miliar atau tumbuh 1,22% (YoY).

Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencatatkan pertumbuhan 20,07% (YoY), yaitu Rp91,36 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan itu menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat pada Bank Jatim meningkat.

Dari sisi pembiayaan, Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif, tumbuh 1,38% (YoY) atau sebesar Rp42,31 triliun.

Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi, sebesar 8,44% (YoY) atau tercatat 7,58 triliun,.

Komposisi rasio keuangan Bank Jatim periode Maret 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 22,07 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,08 %, dan Return On Asset (ROA) 2,31 %.

Di tahun 2022 Bank Jatim terus berusaha mengembangkan layanan digital banking untuk mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan.

Peningkatan layanan digital menjadi concern Bank Jatim seiring dengan peningkatan transaksi maupun jumlah user JConnect Mobile dan JConnect Internet Banking.

Tingkat keamanan transaksi perbankan juga tak luput jadi salah satu fokus Bank Jatim agar nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Sebagai bentuk keseriusan dalam mengatasi keamanan/ security digital banking, pada Triwulan I Bank Jatim bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk memperkuat security data nasabah Bank Jatim pada aplikasi JConnect Mobile.

Selama Triwulan I 2022, Bank Jatim juga telah memborong penghargaan dari berbagai pihak. Total sebanyak 11 titel penghargaan yang sukses dibawa pulang Bank Jatim.

Di bidang kehumasan, Bank Jatim juga menuai penghargaan di ajang IPRA, PR Indonesia Award, dan Beritajatim Award, masing-masing kategori Impact for The Better Future, Media Cetak terpopuler & aplikasi perbankan terbaik kategori BUMD, Media Sosial terbaik BUMD serta Website terbaik BUMD.

Pada bidang inovasi & layanan, Bank Jatim meraih penghargaan di ajang Indonesia Best BUMD Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Inovasi dan layanan Bank Jatim diapresiasi dalam bentuk penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2022 On Developing Comprehensive Banking Service Kategori BPD.

Tak kalah prestisius, bankjatim juga meraih penghargaan di bidang digital dalam ajang Digital Innovation Award 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Network. Pada ajang kali ini bankjatim meraih penghargaan kategori Digital Innovation For Suistainable business aplikasi JConnect Mobile

Tak ingin kalah dengan konvensional, Bank Jatim Unit Usaha Syariah (UUS) juga menyabet penghargaan kategori Best Sharia Unit Bank dalam ajang Indonesia Syariah Awards 2022. Penghargaan ini seakan menegaskan bahwa pertumbuhan UUS Bank Jatim terus meningkat selama 2 tahun terakhir.

Sedangkan di bidang Human Resources (HR) Bank Jatim meraih penghargaan kategori The Best HR Management For The Outstanding Exceptional and Comprehensive.

Last but not least, Bank Jatim berhasil meraih penghargaa kategori TOP CSR Award 2022 #Stars 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 atas nama Busrul Iman selaku Direktur Utama. (Gan)

Teks Foto: Dirut Bank Jatim Busrul Iman bersama Direktur Komersial & Korporasi Edi Masrianto dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah R Arief Wicaksono.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait