Turba, Walikota Madiun Ingatkan Kondusifitas Tahun Politik

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, melakukan kunjungan ke kelurahan atau turun ke bawah (Turba). Kali ini, giliran Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman yang dikunjungi, Kamis 22 November 2018.

Bukan hanya melakukan kunjungan kerja saja, namun, juga mengevaluasi program kerja yang sudah berjalan. Harapannya, program kerja semakin baik dan mengena bagi masyarakat.

‘’Program pemerintah wajib mengedepankan usulan dari bawah. Makanya, keterlibatan masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) wajib terus ditingkatkan,’’ kata Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto.

Walikota berharap, masyarakat terus berperan dalam pembangunan. Apa yang telah diusulkan wajib dikawal. Baik usulan yang sudah terealisasikan atau yang belum. Masyarakat wajib terus menanyakan. Namun, cukup ke kelurahan masing-masing. Karena itu, Lurah juga harus menjadi corong pemerintah untuk menjelaskan. Mulai banyaknya usulan, yang dapat direalisasikan, yang belum dapat dikerjakan, hingga penyebab mengapa belum dapat direalisasikan.

‘’Lurah harus tahu dan paham. Harus bisa menjelaskan kepada warganya. Kenapa usulan ini belum dapat dilaksanakan dan sebagainya. Jangan malah membingungkan masyarakat,’’ pesannya.

Selain itu, masyarakat juga wajib tahu mekanisme penganggaran pemerintahan. Ini penting agar masyarakat paham alasan usulan tahun berjalan tidak dapat langsung direalisasikan. Namun, menunggu tahun depan. Jalannya pemerintah memang berdasar sistem. Apa yang dikerjakan harus direncanakan dahulu. Usulan wajib masuk dalam perencanaan agar dapat dikerjakan. Perencanaan dalam satu tahun dilakukan di akhir tahun sebelumnya.

‘’Kalau rencana kerja sudah ditentukan dan disetujui tidak dapat diubah. Tinggal dikerjakan. Perubahan paling di PAK sekitar Agustus. Artinya, usulan masyarakat tidak dapat masuk sembarangan,’’ jelasnya.

Walikota juga mengajak masyarakat untuk terus menciptakan kondusifitas. Ini penting mengingat tahun politik sedang berlangsung. Sedikit gesekan dapat memantik konflik.

Masyarakat, katanya, harus bijak dalam mengakses dan menyebarkan indormasi. Sebab, informasi merupakan komoditi yang tengah dibutuhkan saat ini. Tak heran, sering dimanfaatkan oknum untuk mengambil keuntungan pribadi maupun golongan.

‘’Mari terus kita jaga kondusifitas baik saat dan sesudah tahun politik nanti. Keamanan merupakan pondasi dasar. Harus terus kita jaga bersama,’’ pungkasnya. (Sumber Diskominfo. Editor: Astono).

Ket. Foto: H. Sugeng Rismiyanto (berdiri).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *