Unik Kuda Kepang Dhem dan Lengger Isi Gebyar Lebaran 1443 H, Tradisi Pembuka Pentas Seni Satu Tahun Kedepan

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Pentas seni tari kuda kepang dhem dan lengger isi gebyar perayaan Hari Raya Idul Fitri di dusun Ngebrak Desa Manggis kecamatan Leksono kabupaten Wonosobo pada Jumat malam (6/5/2022).

Menurut rencana pentas kesenian tersebut ditampilkan semalam suntuk.

Bacaan Lainnya

Sudah tradisi di dusun ini bahwa tiap awal bulan Syawal grup kesenian Kuda Kepang Dhem Krida Laras Sakti menggelar seni kuda kepang dan lengger sebagai pembuka kegiatan kesenian hingga bulan Syawal di tahun berikutnya.

“Tradisi budaya perlu kita lestarikan seperti malam ini dengan digelarnya pembuka kegiatan kesenian grup Krida Larasati,” kata Suyanto, Kades Manggis saat membuka acara.

 

Kesenian perlu dilestarikan agar tidak punah dan menjadi kekayaan budaya desa dan bangsa.

“Budaya bangsa seperti pembuka kegiatan seni tari kuda kepang dan lengger ini perlu dijaga dilestarikan agar anak cucu dapat menikmati kekayaan budaya yang kita miliki,” ujar Kapten Salman.

Para penari menampilkan seni Lengger. (Foto pribadi)

Di kesempatan tersebut Danramil Leksono ini berpesan untuk tetap menjaga keamanan dan tidak melupakan Prokes.

“Dua tahun sebelumnya acara ini tidak kita adakan pasalnya adanya pandemi Covid-19. Bagi pengunjung dan penggiat seni selama kegiatan selalu jangan lupa untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta tidak lupa memakai masker,” kata Salman. ( Edi)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait