Usai Tinjauan Vaksinasi Presiden dan MenPUPR Beli Produk UMKM Grobokan

  • Whatsapp

Grobokan | beritalima.com – Presiden Jokowi menginstruksikan pada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sekolah, madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta KDP Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

Demikian hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat mendampingi Presiden RI Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke SDN Nglinduk di Kabupaten Grobokan, Jawa Tengah, pada Rabu (5/1/2022).

Kunjungan kerja tersebut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anggota Komisi V DPR RI Sudewo, dan Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto.

“Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk para siswa SD yang dilakukan secara serentak di berbagai SD di Jawa Tengah, serta meresmikan bangunan SDN 3 Nglinduk yang selesai direhabilitasi,” ujar Menteri.

Ditegaskan Basuki, SDN 3 Nglinduk merupakan bagian dari paket pekerjaan Rehabilitasi dan Renovasi Sarana dan Prasarana Sekolah Jawa Tengah 1 Kabupaten Grobogan yang dilakukan Kementerian PUPR.

“Rehabilitasi SDN 3 Nglinduk dilakukan karena sebelumnya bangunan sekolah tersebut sering terkena banjir dan sangat tidak layak digunakan sebagai prasarana pendidikan bagi para murid,” tuturnya.

Ia pun menyatakan sebelum direhab SDN Nglinduk ini setiap tahunnya terdampak banjir lumpur karena hujan dan posisi tanah yang rendah.

“Kami sudah merenovasi bangunan sekolah serta membangun drainase seluas 200 m² di sekelling sekolah. Sehingga sejak selesai direnovasi pada tahun 2020 tidak pernah terendam banjir lagi,” jelas Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah.

Pekerjaan rehabilitasi SDN 3 Nglinduk dilakukan pada Mei-November 2020 dengan biaya Rp3,3 miliar. Bangunan sekolah yang direhabilitasi seluas 622 m2 dengan luas lahan sekolah 3.231 m2. Lingkup pekerjaan meliputi 7 unit ruang kelas, ruang guru dan kepala sekolah, perpustakaan, kantin, UKS, toilet guru dan siswa, lapangan upacara, tempat cuci tangan, water tank, dan septic tank.

Setelah tinjauan vaksinasi dan peresmian SDN 3 Nglinduk, Presiden Jokowi beserta para pejabat yang mendampingi juga membeli berbagai produk UMKM Kabupaten Grobogan. Menteri Basuki sendiri membeli sepasang sandal kulit, keripik dan rambutan.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki antara lain Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah dan DIY Wida Nurfaida.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait