Usai Wisata Halal Internasional di Mataram, MUI Gelar Rakernas

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Pusat akan menyelenggarakan forum Rapat Kerja Nasional V Majelis Ulama Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), 11 -13 Oktober 2019, Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rakernas tersebut merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah forum Musyawarah Nasional (Munas).

Tema Rakernas “Meneguhkan Islam Wasathiyah untuk Membangun Peradaban Indonesiaā€¯. Dan juga merupakan Rakernas terakhir dalam periode DP MUI Pusat masa khidmat 2015-2020. Tujuan penyelenggaraan Rakernas, pertama meningkatkan ukhuwah lslamiyah dan ukhuwah wathaniyah di kalangan pengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia dalam rangka memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan antarpengurus dan tokoh Islam Indonesia serta seluruh komponen bangsa. Kedua, meningkatkan peran aktif MUI dalam ikhtiar bersama seluruh komponen umat Islam dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan berbangsa dalam rangka mewujudkan kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa daIam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRl Tahun 1945. Dan ketiga, memperteguh konsolidasi dan soliditas organisasi MUI dan program kerja MUI secara nasional.

Disamping itu, Rakernas MUI ke V yang dipimpin Ketua Harian MUI Pusat, Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, akan menyelenggarakan Konferensi Wisata Halal Internasional 2019, Mataram, Lombok, NTB. Tujuannya, mendorong pengembangan konsep Wisata Halal sesuai pedoman yang telah ditetapkan oleh MUI, namun dapat diterima oleh semua pihak. Dan menciptakan persamaan persepsi bahwa Wisata Halal dan Gaya Hidup Halal bukan berarti Islamisasi terhadap Obyek Wisata yang ada di Indonesia.

“International Halal Tourism Conference
Konferensi akan membahas berbagai Isu Aktual mengenai Wisata dan Gaya Hidup Halal, dan Dikaitkan dengan Strategi Pengembangan Potensi yang ada beserta tantangan yang dihadapi, termasuk Regulasi yang diperlukan untuk dapat lebih meningkatkan Percepatan Pengembangan Wisata Halal di Indonesia,” ujar Ir. H. Lukmanul Hakim, Ketua Bidang Ekonomi MUI, yang juga Direktur LPPOM MUI, Selasa (8/10/2019) di Lt. IV, Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. ddm

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *