Vitamin K2 ….Apa Manfaatnya ?

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Kerika suatu sore saya sedang melewati sebuah perbincangan antara bu Sulis dan bu Shinta berdebat keras sampai teriak teriak ; “mana ada vitam8n K2 ? Yang ada kan ada vitamin ADEK dan vitamin B,C itu karabu sulis, tapi bu Shinta berkata bahwa ada vitamin K2 yang baru baca di majalah ,shinta bilang itu vitamin K2 itu penting deh! Rasanya janggal baru psrtama dengar ada namanya vitamin K2 karena yang sering kedengaran itu adalah vitamin A.B.C dan D kok tiba2 ada vitamin K2, aneh benar ,apa sebenarnya manfaat vitamin K2 ini? Vitamin K2 adalah salah satu bentuk vitamin K yang bersumber dari makanan hewani dan makanan yang difermentasi. Manfaat vitamin K2 dianggap baik untuk kesehatan jantung dan tulang

Vitamin K2 adalah salah satu bentuk vitamin K yang ditemukan pada sumber makanan hewani dan makanan yang difermentasi. Vitamin yang juga dikenal sebagai menaquinone ini terdiri dari beberapa jenis. Beberapa jenis yang paling penting dari vitamin K2 adalah MK-4 dan MK-7 sumber vitamin K2 yang perlu Anda ketahui.Produk susu mengandung lemak tinggi, khususnya keju ,Kuning telur,Hati dan jeroan hewan lainnya, Ikan berlemak seperti salmon Ayam,Tempe, natto, dan makanan yang telah difermentasi lainnya
Saat ini, belum ada rekomendasi asupan harian yang spesifik bagi vitamin K2. Namun, ada asupan harian yang disarankan untuk konsumsi vitamin K berdasarkan jenis kelamin, yaitu: 120 mcg untuk pria dewasa 90 mcg untuk wanita dewasa Bayam: 889 mikrogram Brokoli: 220 mikrogram Daun lobak: 529 mikrogram Kale: 1.062 mikrogram Brokoli: 220 mikrogram
Vitamin K2 (menaquinone)
Vitamin K2 memiliki struktur kimia yang berbeda dengan vitamin K1. Zat dengan nama lain menaquinone ini juga terbagi menjadi beberapa tipe. Para ilmuwan memberikannya nomor MK-4 hingga MK-13 dengan melihat panjang rantai sisinya.Menaquinone memiliki peran dalam menjaga kepadatan tulang. Zat ini membantu kerja osteokalsin, yakni protein pengikat kalsium dengan jaringan tulang. Dengan tulang kuat, Anda bisa terlindungi dari risiko penyakit osteoporosis dan patah tulang.Beberapa penelitian terbaru juga menunjukkan manfaat lain vitamin K2 bagi tubuh. Zat gizi ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, serta berpotensi mengurangi gejala gangguan kecemasan.

Vitamin K3 (menadinone)
Vitamin K3 alias menadione adalah vitamin sintetis yang tidak ditemukan pada sumber makanan alami. Di dalam tubuh makhluk hidup, vitamin ini akan diubah menjadi vitamin K2 dengan bantuan organ hati sebelum bisa dimanfaatkan.Berbagai penelitian terdahulu sebenarnya menunjukkan bahwa vitamin K3 berbahaya bagi kesehatan. Penggunaan suplemen menadione pada manusia tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko kerusakan hati dan sel darah merah.penelitian di laboratorium mengungkapkan bahwa menadione mempunyai sifat antikanker yang menjanjikan. Zat ini mampu mematikan sel kanker usus besar dan rektum, payudara, serta ginjal dengan cara mengaktifkan protein khusus.Selain itu, vitamin K3 juga memiliki sifat antibakteri. Menurut sebuah studi dalam jurnal Investigational New Drugs, vitamin ini mampu menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori yang merupakan penyebab umum infeksi lambung. Manusia membutuhkan vitamin K1 dan K2 untuk menjalankan proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Kendati sama-sama penting, tubuh menyerap kedua vitamin ini dengan cara yang berbeda.Tubuh menyerap sekitar 10 persen dari total vitamin K1 yang terdapat dalam makanan. Sementara itu, sebuah studi pada 2019 menunjukkan bahwa tubuh manusia menyerap vitamin K2 sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan jenis vitamin K lainnya.Para ahli meyakini bahwa ini karena vitamin K2 lebih banyak ditemukan pada makanan yang mengandung lemak. Vitamin K merupakan vitamin larut lemak sehingga penyerapannya lebih baik ketika dikonsumsi dengan makanan berlemak.

APA MANFAAT VITAMIN K2 ;
1. Meningkatkan kesehatan tulang Vitamin K2 dianggap mampu mengaktivasi dua jenis protein (matrix gla protein dan osteocalcin), yang bisa mengikat kalsium serta membantu pembentukan dan memelihara kesehatan tulang.

2. Menurunkan risiko osteoporosis Asupan vitamin K2 dianggap bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang pada wanita yang mengalami menopause. Saat ini, vitamin K2 dimanfaatkan untuk mencegah sekaligus mengatasi osteoporosis.

3. Berpotensi meningkatkan kesehatan gigi Karena zat osteocalcin pada tulang juga terdapat pada gigi, maka vitamin K2 juga punya potensi manfaat untuk kesehatan gigi. Meski demikian, belum ada penelitian pada manusia yang membuktikan manfaat ini.

4. Mencegah penyakit jantung Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin K2 memiliki kaitan yang kuat dengan penurunan penyakrisikoit jantung. Hal ini dikarenakan vitamin K2 mencegah kalsium mengendap pada dinding pembuluh darah.

5. Melawan penyakit kanker Vitamin K2 memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Selain itu, vitamin ini juga dipercaya bermanfaat dalam:
a. Menurunkan kemungkinan kambuhnya kanker hati.
b. Meningkatkan kemungkinan tingkat kelangsungan hidup (survival rate) pada penderita kanker hati.
c. Menurunkan risiko perkembangan kanker prostat hingga 63 persen.
d. Menekan proses genetik yang dapat menyebabkan perkembangan tumor..Berbagai studi telah menunjukkan hasil yang menjanjikan tentang manfaat vitamin K2 dalam melawan risiko kanker. Namun demikian, masih diperlukan penelitian lanjut secara lebih luas untuk mendapatkan bukti yang lebih kuat terkait klaim ini.

6. Mengatasi kecemasan dan depresi Kandungan gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kecemasan, depresi, dan gangguan kognitif. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemberian vitamin K2 selama 10 minggu mampu menurunkan kadar gula darah dan meredakan gejala-gejala kecemasan serta depresi.

MANFAAT VITAMIN K2 :
1. Mengaktivasi protein yang bermanfaat untuk pembekuan darah
2. Metabolisme kalsium
3. Metabolisme tulang
4. Menjaga kesehatan jantung
5. Memfasilitasi produksi energi pada mitokondria sel.
Demikian ulasan singkat tentang maanfaat vit K2 dalam kehidupan kita semoga bermanfaat guna dan menambah wawasan lebih luas kepada kita.apapun vitwminnya semua bermanfaat guna bagi kesehatan kita,semoga!
RobertoNews 1005 《 30.7.21(12,30)》
• Prakfisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait