Wabub Irwan Hadiri Pelatihan Peternakan Modern Sapi dan Kambing

  • Whatsapp
Foto: Wakil Bupati saat menghadiri pelatihan ternak modern

BONDOWOSO, beritalima.com – Wakil Bupati Bondowoso menghadiri acara pelatihan peternakan modern sapi dan kambing yang bertempat di Kampung Ternak Modern di Desa Karanganyar kecamatan Tegalampel Bondowoso Minggu (16/06).

Pelatihan peternakan modern ini dilaksanakan untuk memanfaatkan pakan ternak dari limbah Pertanian dan perkebunan yang banyak dijumpai di wilayah Bondowoso.

Menurut Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, pelatihan digelar sebagai upaya Pemkab Bondowoso untuk terus berupaya meningkatkan swasembada daging yang saat ini digadang-gadang oleh Pemerintah Pusat.

“Pelatihan ini menjadi salah satu upaya pemerintah daerah, dalam mendorong pengembangan industri ternak yang ada di Bondowoso. Supaya nantinya peternak tradisional bisa memanfaatkan pakan dengan limbah Pertanian dan perkebunan yang ada disekitarnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Wabup Irwan, pemerintah daerah akan segera menindaklanjuti dengan intervensi anggaran. Sehingga selama ini Bondowoso yang dikenal sebagai lumbung ternak betul-betul akan bisa menjadi ikon. Tentu untuk itu perlu dibangun dari hulu hingga hilir.

“Kami setelah melihat di lapangan dengan adanya sistem pengolahan ternak yang modern semacam ini, justru akan menjadi inspirasi kami untuk segera menindaklanjuti dengan intervensi anggaran,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa sebenarnya peternakan di Bondowoso menjadi potensi yang besar untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tentu, jika Bondowoso dijadikan lumbung ternak dengan sistem pengolahan modern.

“Mulai dari limbah ternaknya, air seninya, ini sangat luar biasa. Kalau sudah nanti dibangun dari hulu hingga hilir. Dan kalau banyak investor datang ke sini, tentunya akan menambah PAD,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan dengan pelatihan ini, kedepan peternak di Bondowosolebih berdaya lagi di sektor ini. Termasuk pemanfaatan limbah jadi pakan ternak. Sehingga bisa mendukung Bondowoso melesat. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *