Wabup Touna Buka Pelatihan dan pembekalan kepala Desa Terpilih

  • Whatsapp

Ampana,beritalima.com–Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tojo Una-una menggelar pelatihan dan pembekalan bagi kepala desa terpilih.

Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Ananda Senin (30/1/2023) dibuka oleh Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH, turut dihadiri Kepala DPMD Touna Dr Alimudin Muhammad,SE,.M.Si, Asissten I Alfian Matajeng, Kepala Inspektorat Touna serta di ikuti para Kepala Desa.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelatihan dan pembekalan awal masa jabatan kepala desa 33 terpilih priode 2022-2023, pelaksanan kegiatan pelatihan bertujuan untuk menambah kemampuan pengetahuan, sikap keterampilan kepimpinan kepala desa dalam melaksanakan tugas fungsi dan kewenangan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sehingga mampu mewujudkan tata kelola pemerintah desa yang taransparan, partisipatif dan akuntabel, terutama dalam penyelenggaran pemerintahan pembangunan masyarakat desa,”kata Wabup.

Wabup katakan dalam penyelenggaran pemerintahan, para kepala desa tidak boleh hanya mengetahui salah satu undang-undang yang mengatur tetapi tetapi juga harus mengetahui peraturan turunannya, seperti peraturan pemerintah peraturan daerah dan peraturan bupati agar tidak menimbulkan permasalahan di desa nantinya.

“Dalam penyelenggaraan roda pemerintah desa, agar benar-benar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, sehingga tidak terjadi keluhan atau pertanyaan warga masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah yang dapat menimbulkan permasalahan,”jelasnya

Menurutnya, kegiatan ini penting dilaksankan dan di ikuti, baik bagi kepala desa yang baru menjabat atau pun yang sudah menjabat dua periode bahkan meskipun yang sudah tiga periode tetapi harus mengikuti pelatihan dan pembekalan kepala desa yang dilaksankan oleh pemerintah daerah, sehingga kepala desa yang ada di daerah ini memiliki kompetensi serta mampu menjalankan tugas fungsi dan tanggung jawab dengan baik.

“Pelaksanaan pelatihan dan pembekalan ini merupakan hal yang sangat strategis dalam rangkah meningkatkan kualitas pemahaman pengetahuan, serta kawasan tentang bagaimana penyelenggaran pemerintah desa,agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” Tandasnya

beritalima.com

Pos terkait