Wabup Touna Resmikan HID- MAMA Program Pansimas di Desa Tongku

  • Whatsapp

Ampana ,beritalima.con – Wakil Bupati Tojo Una-una Ilham Lawidu meresmikan kegiatan Hibah Insentif Desa Air Minum Aman ( HID-MAMA) program penyediaan Air Minum dan sanitasi berbasis Masyarakat , di Desa Tongku kecamatan Tojo , Rabu, (19/1/2022).

Wakil Bupati Ilham Lawidu menyampaikan , air merupakan kebutuhan utama kehidupan seharusnya dapat terpenuhi secara kuantitas dan kontinyu.

“Namun masih terdapat masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan air bersih yang layak terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah dipedesaan dan pinggiran kota.

Sejak Kabupaten Touna berdiri program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008.sampai dengan tahun 2021 telah mencapai 105 desa yang tersebar di 12 kecamatan.

” Pada tahun 2021 program Pamsimas melaksanakan kegiatan
Hibah Insentif Desa Air Minum Aman ( HID-MAMA) yang lokasi kegiatan berada di Desa Tatari , Desa Tongku, Desa Podi dan dua Desa yang berada di kecamatan Ampana Tete yaitu Desa Mantangisi da Desa Bantuga” terang Ilham Lawidu.

Kelima Desa tersebut Pelaksanaan nya dipusatkan di Desa Tongku kecamatan Tojo dengan total Jumlah dan Pamsimas sebesar Rp . 1.500.000.000 dengan sumber dana berasal dari APBN tahun anggaran 2021.

Wabup Touna meminta , Melalui acara serah terima dan peresmian desa HID MAMA program Pamsimas tahun anggaran 2021 ini saya imgin menekankan bahwa peranan strategis pemerintah Desa Kelompok Keswadayaan masyarakat dan kelompok pengelolaan system’ penyediaan air minum dan sanitasi didalam pengelolaan berkelanjutan perlu di tingkatkan

Sehinggan kata Wabup,. pelayanan air minum dan sanitasi kepada masyarakat dapat terus berkesinambungan dan berkelanjutan .

” Kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan Pansimas mulai dari tahap perencanaan sampai pada peresmian hari ini saya sebagai pimpinan daerah Kabupaten Touna mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya ” tutup Ilham .

Acara peresmian ini dihadiri oleh Dinas terkait , Bapeeda, Dinas PUPR , Forkompinda Kecamatan Tojo, sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Tojo, para pelaku Program Pamsimas serta Tokoh masyarakat setempat. (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait