Wabup Trenggalek; Stunting Bisa Dicegah dengan Wujudkan Keluarga Harmonis

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Hadir dalam kegiatan Safari Ramadan di Desa Salam Wates, Kecamatan Dongko Trenggalek, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara menghimbau gagal tumbuh kembang anak (Stunting) dapat dicegah dengan membangun keluarga yang harmonis, Rabu (5/4).

“Tandanya harmonis itu rukun, saling menjaga, saling mengasihi antara satu anggota keluarga dengan anggota keluarga yang lain,” tutur mantan anggota DPRD Kabupaten Trenggalek itu saat mendampingi istrinya Fatiqatur Rohmah dalam kegiatan Safari Ramadan itu.

Diyakini olehnya setiap orang mempunyai cita-cita yang sama, ingin membangun keluarga yang bahagia, anak yang sehat dan cerdas. Untuk mewujudkan itu, Mas Syah mengajak semua keluarga untuk saling menjaga.

Dalam kesempatan Syah Natanegara juga mendukung upaya penguatan perempuan yang tengah digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Karena menurutnya dengan perempuan makanan akan menguatkan keluar itu sendiri. Lebih lebih bila berpenghasilan mayoritas perempuan akan menggunakan penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Kalau perempuan uangnya akandigunakan kembali untuk keluarga, seperti membeli tambahan nutrisi (lauk) atau untuk pendidikan anak. Cita-cita kita memiliki generasi emas yang berkualitas dapat tercapai dengan salah satunya mendorong ini,” ucap Wakil Bupati Trenggalek.

Safari Ramadan juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk mengkampanyekan cegah perkawinan anak dan juga pengentasan stunting.

Perkawinan anak sendiri juga memiliki hubungan erat dengan stunting. Usia yang belum matang dalam pernikahan menjadi salah satu penyebab dari stunting itu sendiri. Alasannya karena pada pernikahan muda, anak belum siap secara fisik, apalagi secara financial. Bila dipaksakan tentunya akan menambah beban hidup orang tua. (Pro/her)

beritalima.com

Pos terkait