Wagub Emil Ajak Bangun Komunitas Apresiasi Seni Sebagai Katalis Masyarakat Semakin Berkarya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak masyarakat untuk membangun komunitas-komunitas yang mengapresiasi kesenian. Dengan semakin banyaknya komunitas yang mengapresiasi seni, maka masyakarat akan semakin bisa berkarya.

“Kata kuncinya bagaimana membangun komunitas yang mengapresiasi seni, sehingga itu menjadi katalis orang semakin berkarya, jadi karya adalah satu ekosistem dengan apresiasi,” ungkapnya saat mengunjungi pameran tunggal lukisan Goenawan Mohamad di Orasis Art Space Jl. Bukit Golf Citraland No. B2-25 Sambikerep Surabaya, Sabtu (3/6/2023) malam.

Menurutnya, dalam membangun komunitas-komunitas tersebut haruslah sinergi antara berbagai elemen, baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat, sehingga kelestarian kesenian yang hakiki terus terjaga dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Mengembangkan seni hakikinya perlu uluran tangan semua elemen dalam membangun komunitas yang mengapresiasi seni,” ucapnya

Lebih lanjut, Mantan Bupati Trenggalek ini juga mengatakan, dalam mengembangkan dan menampilkan sebuah karya kesenian haruslah menyesuaikan dengan berbagai aspek, baik itu tempat, kondisi dan suasana yang ada, sehingga mampu memberikan kepuasan dalam menikmati sebuah karya seni.

“Kalau tempatnya pas, ngeliatnya juga lebih beda dalam menyalami dan mendalami tiap karya,” kata Emil.

Pameran tunggal lukisan karya Goenawan Mohamad kali ini memiliki cita rasa dan nilai seni yang hakiki, karena konsep yang ditampilkan oleh penyelenggara sangatlah harmoni, sehingga memiliki daya tarik dan memberikan kepuasan bagi pengunjungnya dalam menikmati sebuah karya.

“Orasis Art Space adalah tempat menampilkan lukisan karya Goenawan Mohamad, saya melihat kedalam, suasananya kontemporeri design, cocok sekali dengan karya-karya lukisan yang ditampilkan, sehingga memberikan kepuasan dalam menikmati sebuah karya,” tandasnya.

Emil berharap dengan semakin banyaknya karya-karya kesenian yang dipamerkan oleh berbagai pihak, akan semakin menumbuhkan dan menjadikan Jawa Timur mempunyai nilai-nilai artistik.

“Saya berharap betul bahwa semakin banyak karya-karya seni yang ditampilkan, akan menjadikan Provinsi Jawa Timur lebih artistik lagi, lebih bisa menggali rasa dan saya yakin banyak sekali potensi-potensi seni yang ada di Jawa Timur yang kemudian tergugah apabila art space seperti ini terus berkembang,” terangnya.

Sementara itu, Owner Orasis Art Space (OAS) Elizabeth menyampaikan bahwa OAS merupakan sebuah institusi yang memiliki misi dan tujuan memperkenalkan kultur seni, kreatifitas dan budaya di Indonesia melalui pertunjukan karya seni dari seniman-seniman lokal di Jawa Timur. Salah satunya kali ini karya tunggal lukisan Goenawan Mohamad.

“Dalam kesempatan kali ini, OAS mengadakan sebuah pameran seni tunggal bersama Goenawan Mohamad. Sepak terjang beliau sebagai seorang seniman dalam dalam beberapa tahun belakangan patut diapresiasi,” paparnya.

Selain itu, Elizabeth juga berharap dengan semakin memperluas apresiasi seni, akan semakin mengguha para anak muda untuk dapat memperkaya literasi dalam kesenian, kebudayaan maupun kesastraan tanpa ada batasan.

“Kami berharap, dengan perluasan seni ini dapat menginspirasi anak-anak muda untuk memiliki kekayaan literasi dalam seni, budaya dan sastra tanpa batas,” sambungnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Owner OAS Elizabeth, Kurator Adi Wicaksono, Direktur PT. Ciputra Development Sutoto Yacobus, Pelukis Goenawan Mohamad dan para pengunjung pameran tunggal lukisan Goenawan Mohamad.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait