Wagub Emil Harapkan Beritajatim.com Tetap Jaga Marwah Jurnalisme dan Keguyuban Antar Media

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri resepsi HUT Ke-16 Beritajatim.com yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Kamis (31/3).

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Emil mengapresiasi kehadiran Beritajatim.com sebagai sosok punggawa media regional di Jatim. Ia juga secara khusus menginginkan Beritajatim.com untuk tetap menjaga prinsip-prinsip jurnalisme.

“Karena seiring dengan disrupsi maka sangat penting menjaga marwah jurnalisme. Tapi, saya rasa Beritajatim.com sudah sangat mengedepankan prinsip jurnalisme dan menjaga fungsi media sebagai teman birokrasi,” ungkap Wagub Emil.

Di tengah banyaknya masyarakat yang hijrah dari media konvensional ke media digital, menurut Emil sapaan lekatnya ada sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh media-media. Tantangan tersebut adalh kehadiran media sosial yang saat ini juga menjadi sarana penyebaran informasi.

“Tapi Beritajatim hadir sebagai media yang justru memanfatkan tantangan jadi peluang. Media sosial dimanfaatkan dan jadilah Beritajatim jadi media yang memanfaatkan banyak platform (multimedia),” ujar Emil.

Masih menurut Emil, Beritajatim.com adalah salah satu media yang menjunjung tinggi nilai kepentingan public, menjaga keseimbangan kehidupan berbangsa, menjadi ujung tombak demokrasi dan tetap independent, terus menjadi penyeimbang.

“Beritajatim pun tetap selalu menjaga peran-peran tersebut,” katanya

Di era saat ini, Emil menekankan peran media yang tidak menjadi agen propaganda. Ia mengatakan bahwa penting untuk menjaga bagaimana judul-judul propaganda tidak dihadirkan dalam sebuah media.

“Di sinilab peran para asosiasi baik Asosisasi Media Siber Indonesia (AMSI) maupun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk jadi pihak pengawasan,” tuturnya

“Nah asosiasi tersebut perlu teladan. Saya optimis Beritajatim patut dijadikan teladan. Bagaimana tetap memproduksi berita yang menarik dengan judul yang tidak clikcbait,” imbuhnya

Diakhir, Mantan Bupati Trenggalek ini mengharapkn bahwa akan ada kolaborasi dan sinergi yang terjalin secara kontinyu oleh Perhumas, AMSI, PWI dan Pemerintah dalam upaya menyediakan informasi bagi masyarakat secara faktual.

“Mari kita brainstorming bersama untuk menyajikan itu. Pemerintah tidak boleh antikritik dan harus mewadahi wartawan untuk mengasah kemampuannya. Sehingga tujuan kehumasan bisa tercapai dengan baik,” tutupnya

Untuk diketahui, dalam acara tersebut Emil juga berkesempatan memberikan penghargaan Beritajatim Awards kepada 10 Tokoh Inspiratif Terbaik dan 2 tokoh Kepala Daerah Terbaik. Juga diserahkan oleh Emil, Penghargaan Pemenang PUBGM Camphionship Juara 1, 2 dan 3.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Pusat Wensesiaus Manggut (virtual), Perhumas Pusat Heri Rachmadi, Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Walikota Madiun Maidi, Bupati Tuban Adhitya Halindra Faridzku, Bupati Gresik Fandi Achmad Yani, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Pimred Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim dan beberapa kepala OPD Pemprov Jatim Terkait.
(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait