Wagub Sumut Kunjungi PT BSI Dalam Lawatannya Ke Banyuwangi

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) serius dalam pengelolaan tambang emas di dua wilayahnya. Terbukti, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, bersama dengan 3 kepala daerah di wilayahnya ke Banyuwangi, untuk belajar dan mengunjungi PT Bumi Suksesindo (BSI) operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Di Sumatera Utara, kata Wagub Musa, memiliki 2 tambang emas. Yakni di Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Sungai Batang Natal, Mandailing Natal. Di dua tambang emas ini pemerintah Provinsi Sumut ingin meningkatkan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD).

“Selain belajar pengelolaan tambang kita ingin melihat bagaimana Pemkab Banyuwangi yang memiliki golden share meningkatkan PAD. Kalau Sumut saat ini kan pemerintahannya baru satu tahun lebih. Kita ingin belajar serius dalam pengelolaan tambang emas ini,” pungkasnya.

Musa Rajekshah mengajak serta Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Bupati Labuhan Batu Utara Kharuddin Syah Sitorus, Wakil Bupati Karo – Cory Sriwati Sebayang, juga Sekretaris Daerah Langkat, Indra Salahuddin. Rombongan disambut oleh Adi Adriansyah Sjoekri, Presiden Direktur PT BSI, Selasa (22/10/2019). Rombongan kemudian melakukan penanaman pohon dan dilanjutkan dengan mining tour, melihat langsung lokasi penambangan dan pembuatan bulion hasil dari mineral tambang.

“Kita datang kesini untuk melihat langsung pengelolaan tambang emas oleh PT BSI. Kita dengar dn kita tahu masyarakat disini memiliki hubungan baik dengan tambang emas. Masyarakat teredukasi dengan baik melalui program-program yang dilakukan oleh operator tambang disini,” ujarnya kepada detikcom.

“Kami ingin belajar pengelolaan potensi daerah, program CSR tambang emas. Kita sempat melihat UMKM berkembang pesat disini. Sempat kita kunjungi juga beberapa produk olahan seperti dodol buah naga, manisan tomat dan masih banyak lagi. Adanya tambang di sekitar sini memiliki manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bsi, Adi Adriansyah Sjoekri menyambut baik kedatangan rombongan dari Provinsi Sumatera Utara. Berbagai program telah dilakukan operator tambang emas satu-satunya di pulau Jawa ini dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Merangkul masyarakat untuk terlibat langsung dalam pembangunan daerah itu adalah misi kami. Bersama Pemkab Banyuwangi dan juga masyarakat kita terus berupaya mewujudkan perusahaan yang bersih dan menjaga lingkungan,” pungkasnya. (Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *