Wawali Madiun Ajak Siswa Lebih Giat Berliterasi

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Budaya literasi merupakan satu kegiatan yang harus ditumbuhkan dalam diri setiap manusia. Khhususnya bagi anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Untuk meningkatkan dan memberi pemahaman mengenai literasi, SMPN 2 Kota Madiun,Jawa Timur, bekerja sama dengan relawan TIK Kota Madiun mengadakan workshop yang diberi nama Open Communicate Madiun yang digelar di ruang Audio Visual Perpustakaan Kota Madiun dan dibuka Wakil Walikota (Wawali), Inda Raya, Rabu 19 Juni 2019.

Dalam kegiatan ini, Wawali juga sebagai ajang untuk bertukar pengalaman dan belajar mengenai literasi, bersama puluhan siswa kelas VII SMPN 2.

“Ini menandakan minat siswa-siswi SMPN 2 Kota Madiun, walaupun tidak semuanya, minat literasinya tinggi,” tutur Inda Raya.

Dalam kesempatan ini, Inda Raya juga sebagai sarana untuk menerima saran dan masukan yang disampaikan langsung oleh siswa-siswi.

“Pengin tahu, apa sih yang diperlukan oleh anak muda sebagai pegiat literasi untuk mendukung lebih giat dalam berliterasi. Insya Allah, pelan-pelan saran dan masukannya akan kita wujudkan bersama,” katanya.

Wawali berharap, kegiatan semacam ini dapat dicontoh oleh sekolah lain. Hal ini penting, mengingat untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa-siswi memang harus ada pemacu dan motivasi terlebih dulu.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Kota Madiun, Fitriyanti Shiddhieq, mengungkapkan, Open Communicate Madiun merupakan program literasi sekolah yang diketuai oleh Yuni Setyawati Maidi selaku Kepala Perpustakaan SMPN 2 Kota Madiun, yang juga istri Walikota.

“Tujuannya, sebagai media untuk anak-anak agar paham literasi. Dalam hal ini, siswa-siswi diajari mengenai literasi dasar dan memotivasi anak-anak untuk mau menulis. Harapannya, melalui acara ini potensi siswa bisa diketahui dan lebih terasah,” terang Fitriyanti. (Sumber Kominfo. Editor: Astono).

Ket.Foto: Inda Raya (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *