Wilayah Jajaran Korem 083/BDJ Akan Gencarkan Reboisasi

  • Whatsapp

Malangkota, beritalimacom,– Jajaran Korem 083/BDJ akan melakukan reboisasi di wilayahnya. Kasrem 083/Bdj Letkol Kav Rahyanto Edi Yunianto memimpin langsung pelaksanaan paparan para Kasdim Jajaran Korem 083/Bdj tentang rencana kegiatan tersebut dan pembuatan biopori massal wilayah Korem 083/Bdj dan jajaran. Adapun yang di paparkan oleh para Kasdim jajaran Korem 083/Bdj adalah tentang rencana penanaman pohon (Reboisasi) di lahan kosong atau tandus sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbondioksida dari udara serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu seperti sengon dan mahoni).

“Adapun manfaat dari Reboisasi adalah untuk melestarikan sumber daya alam serta mencegah terjadinya banjir,” papar Kasrem 083/Bdj Letkol Kav Rahyanto Edi Yunianto, Jumat (20/01).

Selain Reboisasi, di pemukiman dan lahan kosong perlu juga dibuat Lubang Biopori dimana berguna untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah di wilayah jajaran Korem 083/Baladhika Jaya.

Selanjutnya, dengan adanya Biopori maka tanah mampu memperbesar daya tampungnya terhadap air hujan yang masuk ke dalam tanah, mengurangi genangan air dipermukaan tanah dan pada akhirnya mengurangi volume limpahan dan aliran air hujan ke saluran atau sungai.

“Satu contoh seperti kejadian di Kabupaten Pasuruan, dimana terjadi Banjir bandang yang mengakibatkan arus lalu lintas dari Malang ke Surabaya mengalami kemacetan begitu juga dengan wilayah lainnya,” katanya.

Untuk itu, dengan adanya program Reboisasi dan Biopori yang direncanakan akan menanam 1 Juta pohon diharapkan unsur TNI AD dibantu oleh Perhutani di wilayah Jajaran Korem 083/Baladhika Jaya bersama masyarakat dapat saling bersinergi guna tercapai program tersebut sehingga mengurangi bencana yang terjadi di wilayah masing-masing.

Acara ini hadiri oleh Kasi Ter Rem 083/Bdj, ADM KPH Peruhutani Probolinggo Bpk Krido dan Para ADM KPH Kabupaten Jajaran Korem 083/Baladhika Jaya, Para Kasdim jajaran Korem 083/Bdj, Wadanyon 527/BY, Para KPH Kabupaten jajaran dan Para Pasi Ter jajaran Korem 083/Bdj sebanyak 30 orang.
(Penrm)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *