Wisatawan Mancanegara pun Ramaikan Anniversary Pertama Pasar Kumandang

oleh -49 views

WONOSOBO, beritalima.com | Berbagai kegiatan pada peringatan Tanggab Warsa Pasar Kumandang yang pertama dusun Bongkotan desa Bojasari kecamatan Kertek mengundang antusiasme ribuan pengunjung untuk berdatangan pada Minggu (16/6), Acara tersebut juga dihadiri kepala Disparbud Wonosobo, Wakil Bupati Wonosobo, Disparbud Propinsi Jawa Tengah, dan Dirjen Kementerian Pariwisata Indonesia dibidang pasar digital.

Tampak pula turis mancanegara dari Jerman, Slovakia, Amerika dan Mexico ikut meramaikan anniversary pasar ini dengan memakai pakaian adat jawa.

www.beritalima.com

Rangkaian acara diantaranya kirap sesaji, Bundengan, gelar tari kumandange kidung adi, Punakawan interaktif, andum bucu, dan sarasehan budaya bersama penggiat wisata di paseban Kumandang.

Dikatakan Inisiator Pasar Kumandang, Sigit Budi Martono bahwa pasar wisata ini memiliki yang misi membangun kemandirian masyarakat selama setahun ini sudah terwujud.

“Di momen ini sudah saatnya saya serahkan pasar ini kepada kepada masyarakat yang sudah beranjak mandiri.” Tukas Tono.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sementara Kepala Disparbud Wonosobo Drs. One Andang Wardoyo M.Si. menyampaikan selamat ulang tahun kepada pasar kumandang yang pertama dan berharap pasar kumandang semakin jaya dan maju dalam menggerakan perekonomian masyarakat dusun Bongkotan dan masyarakat Wonosobo umumnya.

“Kami mengapresiasi kepada pasar kumandang terkait kegiatan yang luar biasa ini. Mohon maaf dari Disparbud belum bisa memberikan banyak sentuhan, kami merasa senang dengan kreatifitas dan ide – ide yang luar biasa sehingga pasar ini berkembang dengan cepat.” Terang One Andang.

Tak jauh beda apresiasi disampaikan Wakil Bupati Wonosobo, Pemerintah kabupaten bangga akan kemandirian pasar wisata tradisional ini dengan Sapta pesonanya yang membuat daya tarik para wisatawan yang datang.

Lebih lanjut, Wabup menyarankan untuk pihak pengelola mengundang Bapeda dan PU pada acara resmi Pasar Kumandang.

“Sehingga kedepannya pasar ini dapat dikenal dalam kancah wisata internasional. Pada akhirnya kesejahteraan masyarakat lebih meningkat” Tukas Agus Subagyo. (Budi) www.beritalima.com

www.beritalima.com