Wonosobo Gelar Apel 3 Pilar Jelang Pemilu 2019

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – TNI, Polri dan Pemda tingkatkan sinergritas dalam mewujudkan Pileg, Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk dengan mengadakan apel 3 Pilar antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kades/Lurah yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Wonosobo pada Selasa (6/11). Sedang pengambil apelnya Irjen Pol Drs. Condro Kirono. M.M, M Hum dan Brigjen TNI Muhammad Zamroni S.I.P dan diikuti peserta sekitar 800 orang.

Di awal acara dibacakan Ikrar 3 Pilar dan ditirukan oleh seluruh peserta. Sementara itu, isi ikrar tersebut diantaranya TNI, Polri dan ASN bersikap netral pada Pilpres dan Pileg tahun 2019 sesuai UU yang berlaku, dalam wewenangnya tidak memberikan dukungan politik dan keberpihakan kepada kontestan Pemilu dan tidak memberikan fasilitas dinas maupun pribadi, tidak memakai dan memasang atribut kontestan Pileg dan Pilpres 2019, dan bersama – sama bersatu mempererat persatuan kesatuan, keamanan, ketertiban, dan menjaga kedamaian selama pelaksanaan.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jateng menerangkan alasan dirinya langsung turun ke seluruh wilayah guna mengambil apel.

“Kebetulan apel ini bersamaan dengan adanya kontestasi politik sehingga dengan apel ini dapat meningkatkan kesolidan dan kekompakan antara TNI Polri dan Kades/Lurah sebagai unsur pendukung pemerintahan. Kesolidan jangan hanya berhenti dalam dinas saja namun dalam hubungan kemasyarakatan juga sangat penting.” Terang Condro.

Dia menambahkan sebagai tempat ajang kontestasi tentunya desa akan terjadi polarisasi dan rawan terjadinya konflik sehingga peran 3 pilar ini menjadi penting sebagai ujung tombak Polda maupun Kodam dalam mendinginkan suasana politik.

“Kita berterima kasih atas pengabdiannya dalam ciptakan kondisi yang menyejukkan.” Ucapnya lebih jauh.

Sementara Pangdam IV/Diponegoro diwakili oleh Danrem 072/Pmk mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Wonosobo sebagai wilayah terkondusif dalam mengantarkan Pilgub 2018 beberapa waktu lalu.

“Keberhasilan tersebut jangan membuat kita terlena namun tetap harus melakukan evaluasi guna ciptakan Pemilu pada tahun depan yang aman, damai dan sejuk.” Ajak Brigjen TNI Muhammad Zamrowi, S.I.P.

“Tetap jaga kekompakkan antar 3 pilar, ikrar yang diuvapkan tidak hanya berhenti di bibir saja nmun harus diaplikasikan dalam tindakan yang disertai dengan niat tulus ikhlas merupakan kunci kedamaian.” Pesan Danrem.

Pada apel tersebut peserta Pemilu 2019 juga membacakan ikrar selama berkampanye akan melaksanakannya dengan aman, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi Sara dan politik uang, siap menciptakan iklim politik yang aman, damai dan sejuk serta siap melaksanakan Pemilu berdasarkan peraturan yang berlaku. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *