1.151 Pelajar di Jakarta Utara Ikuti Ujian PMR

oleh -186 views

JAKARTA, Beritalima.com-

Ribuan pelajar ikuti ujian Palang Merah Remaja (PMR) yang di gelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara di Gedung PMI, Jl. Plumpang Semper No.54, Koja Jakarta Utara, Sabtu (29/04/2017).

Sabri Saiman Ketua PMI Jakarta Utara mengatakan, Ujian tahun ini di ikuti oleh 1.151 siswa yang terdiri dari PMR tingkat Mula atau sederajat SD/Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 9 siswa sekolah, PMR tingkat madya atau sederajat SMP/ Madrasahtsanawiyah sebanyak 37 sekolah dan PMR tingkat Wira atau SMK/K atau Madyasah aliyah sebanyak 28 sekolah.


Menurut Sabri Saiman, ujian tersebut ditujukan untuk evaluasi daya serap siswa. “Sedangkan evaluasi pelaksanaan pelatihan PMR di sekolah dan hasil/nilai untuk membuat ranking keberadaan PMR di sekolah ada beberapa materi ujian yang harus di ikuti PMR yakni, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Sejarah Palang Merah, Siaga Bencana, Remaja Sebaya,”ujar Sabri.

PMR sendiri ialah sebagai sukarelawan remaja PMI (termaktub dalam AD/RT) yang di persiapkan sebagai ujung tombak dalam upaya penanggulangan bencana sebagaimana tugas okok dan PMI yang di amanatkan Kepres No 246 tahun 1963.

Sementara itu Wawan Budi Rohman Asminra Kota Administrasi Jakarta Utara mengatakan, “PMR merupakan ladang ibadah yang berguna selain untuk pribadi juga untuk masyarakat,” katanya singkat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Muhammad Ali Reza, Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman, Wawan Budi Rohman Asminra Pemkot Jakarta Utara dan sejumlah jajaran Pemkot Jakarta Utara serta jajaran pengurus PMI tingkat Kecamayan se Jakarta Utara dan PMI Kota/Kabupaten se DKI Jakarta. (Edi/ Kontributor Joko)