19 Mantan Siswa Diktukba Sus RindamXVIII/Kasuari Resmi Dilantik Jadi Babinsa

  • Whatsapp

MOMIWAREN, beritalima.com | Komandan RindamXVIII/Kasuari Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman pada Kamis, (08/09/2022) menutup Pendidikan Diktukba Sus Babinsa TNI AD TA 2022. Upacara penutupan sekaligus pelantikan digelar di Aula Mako RindamXVIII / Kasuari, Momi Waren, Manokwari Selatan.

Prajurit Diktukba Sus Babinsa yang resmi dilantik menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) sejumlah 19 personil setelah sebelumnya didik selama 4 minggu di Rindam XVIII/Kasuari.

Bacaan Lainnya

Pelantikan ditandai dengan penanggalan tanda siswa,penyematan tanda pangkat Sersan Dua (Serda), penerimaan ijazah dan tanda penghargaan Prajurit Siswa Terbaik kepada Serda Suherman dari Kodim 1810/Tambrauw.

Dalam amanatnya Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. yang dalam kesempatan ini dibacakan oleh DanrindamXVIII/Kasuari mengucapkan selamat dan sukses kepada mantan prajurit siswa Pendidikan Diktukba Sus Babinsa TNI AD TA 2022 atas keberhasilan yang diraih dengan dilantik menjadi Prajurit dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

Setelah mengikuti pendidikan Bintara ini hendaknya menjadi motivasi dan kebanggaan sebagai bekal untuk menginspirasi dan memotivasi diri dalam meningkatkan kemampuan dan  profesionalitas sebagai aparat kewilayahan yang selalu berinteraksi langsung dan dekat dengan masyarakat di tingkat desa maupun kelurahan, tuturnya.

Perlu disadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang akan diemban sangat berat karena berkaitan dengan pembinaan, dimana setiap wilayah
memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga memerlukan peran aktif untuk terjun langsung melaksanakan  pembinaan di wilayah dengan pengelolaan aspek geografi, demografi dan kondisisosial.

Sebagai ujung tombak terdepan dalam pembinaan kewilayahan harus berpedoman pada lima kemampuan teritorial dan pengetahuan sosial dalam pelaksanaan tugas dan menjunjung  tinggi kearifan lokal di wilayah serta tingkatkan selalu teknologi, wawasan, informasi dan pengetahuan agar tidak berpandangan sempit.

Di akhir amanat Pangdam XVIII/Kasuari berpesan agar hindari pelanggaran hukum, tetap disiplin, jaga pola hidup sehat, dan bersih serta pelihara kondisi fisik dengan berolahraga untuk menunjang tugas pokok sebagai prajurit.

Disampaikan pendidikan Diktukba Sus Babinsa ini juga merupakan pendidikan pembentukan Bintara yang baru pertama kali diselenggarakan di  RindamXVIII/Kasuarisejak
3 tahun berdirinya Lembaga Pendidikan ini.Dengan harapan ke depan Rindam ini sudah dapat mendidik dan melahirkan Bintara-bintara baru di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari.

Danrindam XVIII/Kasuari Kolonel Surya Wibawa Suparman juga berpesan kepada para pelatih di Secaba Rindam XVIII/Kasuari untuk
melakukan evaluasi pendidikan, sehingga pendidikan yang akan diselenggarakan semakin baik dan profesional. Inisiatif, Kreatifitas dan Inovasi sebagai seorang pendidik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas peserta didik. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait