26 Paket Pekerjaan 2021 PUBMPR Bojonegoro Kelebihan Bayar Ratusan Juta Rupiah

  • Whatsapp
Foto : Ilustrasi Salah satu Peningkatan Jalan Ngujo Jampet Bojonegoro tahun 2022

Bojonegoro, beritalima.com | Berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Laporan Realisasi Anggaran untuk tahun yang berakhir sampai dengan tanggal 31 Desember 2021 menganggarkan Belanja Modal Jalan, Irigasi dan Jaringan sebesar Rp 1,38 Triliun dengan realisasi sebesar Rp 1, 28 Triliun atau 92,62%. Dalam anggaran dan realisasi Belanja Modal Jalan, Irigasi dan Jaringan tersebut, termasuk Belanja Modal Jalan, Irigasi dan Jaringan pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang.

Dari nilai tersebut, BPK telah melaksanakan pemeriksaan secara uji petik pada 30 paket pekerjaan jalan, irigasi dan jaringan dengan sumber dana dari Dana Alokasi Umum (DAU) melalui pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik pekerjaan. BPK bersama PPK, PPTK, penyedia, dan konsultan pengawas telah melaksanakan pemeriksaan fisik antara lain dengan pengujian kuantitas berupa pengukuran dimensi yang meliputi panjang, lebar, dan ketebalan perkerasan beton. Selain itu, pengujian kualitas dilakukan untuk menguji kuat tekan atas benda uji beton.

Bacaan Lainnya

Pengujian kualitas dilaksanakan oleh Laboratorium Pengujian Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur. Hasil pemeriksaan atas dokumen kontrak pekerjaan, pemeriksaan fisik secara uji petik dan hasil pemeriksaan laboratorium atas pekerjaan jalan, irigasi dan jaringan pada 30 kontrak sebesar Rp 581 Miliar menunjukkan bahwa terdapat kekurangan volume dan mutu pekerjaan pada 26 paket pekerjaan sebesar Rp 2,4 Miliar.

Menurut data dari BPK RI bahwa permasalahan tersebut mengakibatkan kelebihan pembayaran kepada rekanan pelaksana sebesar Rp 2,4 Miliar, dan permasalahan tersebut disebabkan PPK pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga
dan Penataan Ruang kurang cermat dalam melakukan pemeriksaan hasil pekerjaan yang diserahkan.

Sementara itu, hingga berita ini dinaikan Kepala dinas PUBMPR belum bisa dikonfirmasi, dihubungi melalui wa terdengar nada berdering namun tak diangkat, dihubungi Melalui chat WhatsApp tidak ada jawaban. [RK/Mam]

beritalima.com

Pos terkait