AMBEINKU Kambuh Lagi Perlu Dioperasi ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Pak Anton 56 tahun,gemuk 106 Kg kalau duduk badan harus miring sebelah tak b8sa tegak lulus karena Ambeinor Wasir menganjal,sakit ambein ini sudah hampir 30 tahun kambuh sembuh dan udah berpindah ke banyak dokter.pekerjaan toko kelontong tiap hari ikut angkatgonian beras atau gula,Berbeda dengan ibu Fatimah kalau duduk harus diganjar gemuk dan beranak10 orang
Dokter suruh operasi tak berani,takut fatal tak bisa sembuh .dia hanya minum obat dan sorong capsul lewat pantat kalau kambuh.

Wasir (Hemoroid) biasa dikenal sebagai ambeien merupakan benjolan akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus. Bila terjadi sudah sangat parah dan tidak diobati segera, benjolan tersebut akan terus membengkak dan menimbulkan pendarahanTerjadi pada orang dewasa, pria maupun wanita. Namun, lebih besar berpotensi pada usia 50 tahun ke atas dan ibu hamil. Begitu juga dengan orang yang sering mengangkat beban berat.
Dengan perkataan lain : Wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah di anus dan bagian akhir usus besar (rektum). Kondisi ini dapat menyebabkan rasa mengganjal atau nyeri di area dubur dan keluar darah saat buang air besar.sehingga dapat terjadi akibat tingginya tekanan di pembuluh darah rektum dan anus. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan mengejan terlalu kuat saat buang air besar, yang umumnya karena sembelit.
Wasir atau ambeien yang dalam bahasa medisnya disebut dengan hemoroid merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Pasalnya, benjolan yang biasanya muncul di dalam rektum atau anus ini, bisa membuat pengidapnya tidak nyaman saat duduk maupun ketika ingin buang air besar. Banyak orang sepelekan masalah ini akhir menimbulkan musibah besar.

GEJALA UMUM AMBEIN:
1. Mengeluarkan darah saat buang air besar.berwarna merah terang.
2. Keluar lendir setelah buang air besar.
3. Terdapat benjolan yang tergantung di luar anus.
4. Biasanya benjolan ini harus didorong kembali dengan jari untuk masuk ke dalam setelah buang air besar.
5. Daerah sekitar anus terasa gatal.
6. Terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri serta kemerahan di sekitar anus.
Pada pengidap wasir yang berusia 50 tahun, biasanya juga mengalami gejala berupa gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Meskipun gejalanya menyakitkan, wasir bukanlah penyakit yang bisa mengancam jiwa. Pada kebanyakan kasus, penyakit ini bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Wasir termasuk penyakit yang umum terjadi, terutama di kalangan orang berusia 45—75 tahun. Namun, penyakit ini biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri atau disembuhkan dengan meminum obat wasir.

KOMPLIKASI AMBEIN
1. Buang air besar berdarah.
2. Anemia defisiensi besi, akibat perdarahan atau buang air besar berdarah.
3. Adanya gumpalan darah di pembuluh darah yang bengkak.

FAKTOR PEMICU AMBEIN
1. usia,
2. kehamilan
3. berat badan berlebih(Obesitas)
4. sering duduk terlalu lama
5. Sering mengangkat beban berat.
6. Ketegangan konstan lainnya pada tubuh.
7. Mengejan berlebihan saat buang air besar.
8. Komplikasi dari konstipasi atau sembelit kronis.
9. Duduk dalam waktu lama, terutama di toilet.
10. terlalu lama mengejan saat buang air besar (BAB).
11. Memiliki anggota keluarga dengan riwayat hemoroid.
12. Sering berhubungan intim melalui anus juga bisa menjadi pemicu terjadinya wasir

Ambein or wasir atau hemoroid bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
1. Hemoroid internal terjadi saat pembuluh darah membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat
2. Hemoroid eksternal pembengkakan terjadi di luar anus atau dekat lubang anus yang biasanya terasa lebih nyeri.

PENCEGAHAN:
1. Perbanyak minum air putih.
2. Perbanyak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi. Contohnya seperti buah, sayuran, beras merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
3. Jangan menunda buang air besar karena bisa membuat tinja keras dan kering, sehingga kamu harus mengejan saat buang air besar.
Bila kamu mengalami gejala wasir, seperti perdarahan rektum, merasa sakit atau tidak nyaman, ataupun wasir tetap ada walaupun sudah mengonsumsi berbagai obat-obatan, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Terimakasih.
RobertoNews 1778《28.3.24(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait