AMK Berziarah ke Makam Pangeran Santri di Sumedang, Perkuat Nasionalisme

  • Whatsapp

SUMEDANG, beritalima.com | Sudah menjadi rutinitas PN AMK di tiap agenda kegiatan road show ke belbagai wilayah untuk menyempatkan waktu untuk berziarah ke para tokoh, aulia, kyai, habaib, mujahidin hingga para pejuang agama Islam dan Bangsa Indonesia.

Diantaranya dipimpin oleh Sekjen AMK Ainul Yaqin yang didampingi Agus Sutisna, Darman Anorawi, Ficky, dan Hawali, Sabtu (24/12/2022) melakukan ziarah ke Kompleks makam di Kota Kulon kecamatan Sumedang Selatan kabupaten Sumedang.

Bacaan Lainnya

Mereka berziarah ke makam Pangeran Koesoemahdinata yang terkenal dengan sebutan Pangeran Santri. Diketahui Pangeran Santri merupakan ulama yang memiliki hubungan darah dengan Sunan Gunung Jati sebagai cucu.

Pangeran Santri merupakan cucu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan penguasa Sumedang Larang yaitu Ratu Dewi Inten Dewata dikenal dengan sebutan Ratu Pucuk Umun,” ungkap Ainul Yaqin usai ziarah.

Ketua DPP PPP ini menambahkan bahwa ziarah ke makam aulia sebagai kearifan lokal yang mendidik bagaimana hidup mati kita memberi manfaat dalam tiap perjuangan sekaligus merawat spirit perjuangan dan sejarah perjalanan beliau dapat menjadi acuan bagaimana berjuang untuk agama dan negara.

“Dengan berziarah ke makam Pangeran Santri ini bentuk penghormatan pada beliau yang telah menyebarkan agama Islam di tanah Sunda. Pangeran Santri adalah sosok yang memperkuat dan memperkokoh syiar Islam di Sumedang yang patut ditauladani oleh santri dan kader AMK yang militan,” bebernya. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait