Baitul Mal Bireuen Gelar Bimtek Gampong

  • Whatsapp

BIREUEN–ACEH Beritalima.com Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Baitul Mal Gampong, kemarin Kamis (16/8) di Opproom Kantor Pusat Pemerintahan Bireuen.

Kegiatan Bimtek ini diusung dengan tema Baitul Mal “Kuat Karena Zakat” yang diikuti perangkat gampong dari tiga desa nyakni; Desa Pante Gajah, Kecamatan Peusangan, Desa Kareung, Kecamatan Kuala dan Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen.

Kepala Badan Baitul Mal Bireuen melalui Sekretaris, Anwar S.Ag MAP, dalam sambutannya dikatakan pembukaan bimtek ini agar kedepan mengupayakan semua desa dapat terkoodinir oleh kecamatan agar membentuk Baitul Mal Gampong, pintanya.

Tambahnya, walau dalam pelaksanaan sangat lambat, seharusnya tahun 2017 agar dalam implementasi Anggaran Dana Desa (ADD) supaya untuk dana operasional Baitul Mal Gampong dianggarakan Rp2 juta per gampong. Dimana secara otomatis ketua Baitul Mal dipegang imum gampong. Tidak semua gampong ada alokasinya, tapi kalau terbentuk pada tahun 2018, bisa naik menjadi Rp5 juta,“Mungkin informasi yang sampai ke gampong belum paham apa itu baitul mal gampong, maka kami bentuk program sendiri untuk pilot projek membentuk baitul mal gampong,” sebut Anwar.

Masih menurut Anwar, 2018-2019, pihaknya membantu membina tiga gampong sebagai contoh, yaitu Pante Gajah, Kareung, dan Meunasah Mesjid untuk jadi contoh bagi desa-desa lainnya,“Maka kami undang UPZ sebagai penghubung program ke Baitul Mal. Dari tiga ini pilot projek binaan Batnas, hingga hal ini bisa sukses kedepan,” harapnya.

Ditmbahkannya, nanti setelah setahun, akan dievaluasi untuk perbaikan mekanisme zakat itu untuk memberantas kemiskinan uang zakat saja Rp 1 miliar perbulan jadi ada Rp 12 miliar dalam zakat,“Selama ini kita berikan engak nampak walau ada modal usaha produktif, setelah kita coba beri bantuan macet hampir Rp1 miliar, tapi macet walau kita tidak ada ambil bunga,” ungkapnya.

Pada bimtek yang berlangsung satu hari itu, ada tiga pemateri yaitu, materi I, peran Baitul Mal dalam pengelolaan ZIS dan harta agama , disampiakan Rizwan Sulaiman, S.Ag (Kabag Pendistribusian dan Pemberdayaan).

Materi II, Sinergisitas program kerja Baitul Mal Kabupaten dengan Baitul Mal Gampong, dengan pemateri Drs Zulkifli, Ak, MM (Kepala Bagian Pengumpulan) dan materi III, Dinamaika kelompok dan Rencana Tindak Lanjut (RTL), pemateri Anwar Afwadi, ST (Kepala Bagian Sosialisai dan Pembinaan). (Abdullah Peudada)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *