“Bandara Sekongkang” Pemkab KSB Berharap Kerjasamanya Dengan PT AMNT

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB, beritalima.com– Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan menawarkan pengelolaan bandara Sekongkang ke PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Penawaran ini merupakan kali kedua yang disampaikan pemerintah kepada operator perusahaan proyek tambang Batu Hijau Sekongkang. Di mana sebelumnya penawaran yang sama diajukan kepada PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) operator pertama Batu Hijau.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KSB, Ir.Irhas R Rayes M.Si mengatakan pemerintah daerah berharap bisa bekerjasama untuk pengelolaan bandara Sekongkang Bersama PT AMNT,” terangnya kepada Media beritalima.com
Selasa (5/3/2019).

Menurut Irhas R Rayes , jika dilakukan telaah secara komperhensif PT AMNT memang berpeluang memanfaatkan bandara Sekongkang dalam rangka kelancaran akses transportasi udaranya. Pasalnya teluk Benete yang saat ini masih digunakan sebagai areal pendaratan pesawat ke depan tidak dapat lagi dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan teluk Benete akan berubah fungsi seiring dengan pembangunan fasilitas smelter di areal teluk oleh PT AMNT itu sendiri.

“Kalau fasilitas smelter di Benete sudah jadi secara otomatis kegiatan pendaratan seaplane (pesawat) tidak bisa lagi di sana. Nah alternatif paling rasional digunakan oleh AMNT adalah bandara Sekongkang tentunya,” ucap Irhas R Rayes

lanjut,Irhas R Rayes pada dasarnya bandara Sekongkang sudah dapat dimanfaatkan. Berdasarkan hasil rencana induk pengembangan (RIP) bandara, bandara Sekongkang dapat digunakan dengan eksisting (fasilitas) yang telah ditempatkan oleh Pemda KSB. “Izinnya sudah ada. Kalau kita pakai rekomendasi optimalisasi bandara itu sudah bisa kita gunakan. Artinya kalau ada kesediaan dari AMNT tentu bandara itu bisa segera dimanfaatkan,”ungkap nya.

“Memang ada beberapa fasilitas pendukung yang belum dilengkapi. Tapi itu bisa segera kita tempatkan kalau memang ada pihak yang bersedia mengoperasikannya.namun pemda sendiri akan bekerjasama dengan PT pegasus airservis, tim sudah melakukan cek pesawat cesna untuk 9 penumpang, Nah dalam hal ini harapan kita ke pihak AMNT bisa memberikan suport “tutup Irhas R Rayes (B5.Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *