Bangunan Penyebab Banjir Di Kampung UJung Banyuwangi Bertebaran, Ketua LAN Banyuwangi Geram

  • Whatsapp

Banyuwangi, beritalima.com – Lembaga Anti Narkotika (LAN) Banyuwangi mendesak Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuwangi untuk segera melakukan penertiban dan membongkar bangunan (warung) yang berdiri diatas sempadan sungai di Jl. Ikan Cakalang Kepatihan Banyuwangi. Sabtu 22/10/2022

Ketua Lembaga Anti Narkotika (LAN) Banyuwangi Hijrotul Hady, mengatakan, “Sesuai aturan, dilarang ada bangunan di atas aliran sungai karena salah satu dampaknya dapat menimbulkan banjir karena aliran air terhambat bangunan warung ikan bakar,” kata Hady kepada sejumlah wartawan di Sarangnya.

Bacaan Lainnya

“kami mendesak empat warung tersebut harus ditertibkan dan dibongkar karena dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan warga sekitar, karena bangunannya berada di atas aliran sungai, sehingga kawasan tersebut akan dikembalikan fungsinya sebagai aliran sungai tanpa ada bangunan di atasnya”, jelas Hady.

Lanjut Hady, “Sesuai aturan memang tidak boleh ada bangunan yang berdiri di atas sungai karena dapat menjadi penyebab banjir. Jika debit air tinggi, kemudian ada bangunan di atasnya, maka aliran air terhambat dan banjir akan terjadi,” tambahnya.

Kasatpol PP Banyuwangi Wawan Yatmadi, memberikan atensi terhadap laporan warga terkait adanya bangunan yang berdiri diatas sempadan sungai dan akan segera tinjau lapang serta gelar perkara bersama SKPD terkait.

Wawan mengatakan, “kami akan tinjau lapang dan akan menertibkan bangunan yang berada di bantaran sungai dan berdiri di atas sungai yang melanggar aturan karena menghambat aliran sungai. Kami akan selalu update informasi perkembangannya mas,” kata Wawan.

Sementara konfirmasi dari Camat Banyuwangi Danisworo, menyampaikan, “tentu kami sudah mengingatkan dan menegur, dan terkait dengan masalah tersebut dinas tehnis tentu yang lebih berperan dalam hal ini, yaitu pengairan dan Satpol-PP, silahkan mas dikonfirmasi, terimakasih,” singkat kata Danisworo.

Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, MM. Kadis PU Pengairan Banyuwangi sampai berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi.

Seluruh warga di Jl. Ikan Cakalang, RT. 03 RW. 02, lingkungan Kampung Ujung, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi sangat berharap bangunan tersebut bisa segera ditertibkan dan dibongkar, karena banyak mudhorotnya daripada manfaatnya. (team)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait