Banjir di Arosbaya, 4 Desa Terendam Air Hingga 1 Meter

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com -Bencana banjir dengan ketinggian 1 meter menggenangi permukiman warga di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur, Rabu (6/2/2019).

Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, banjir diperkirakan mulai terjadi sekitar pukul 03:00 WIB pagi.

Terpantau di lokasi, ruas jalan dan rumah-rumah warga di Arosbaya tergenang air dengan ketinggian 50 cm hingga 1 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris menerangkan, penyebab terjadinya banjir dikarenakan hujan lebat yang mengguyur Bangkalan.

Disamping itu, kata dia, diakibatkan air kiriman dari Kecamatan Geger yang menyebabkan air sungai tambangan Arosbaya meluap.

Air sungai yang meluap, menyebabkan 4 Desa di Kecamatan Arosbaya terdampak banjir, yaitu Desa Arosbaya, Desa Baduran, Desa Plakaran, dan Desa Tengket. “Di Geger itu kan dataran tinggi, ini air kiriman dari sana,” tuturnya ke Beritalima.com, Rabu (6/1/2019).

Dikatakan Rizal, kerugian akibat banjir itu menyebabkan tanaman padi seluas 183 hektar di Desa Baduran dan Palakaran rusak parah.

Disampaikan dia, pihaknya sudah menurunkan tim reaksi cepat (TRC) bekerjasama Polisi dan TNI setempat menyusuri rumah warga dan memberikan bantuan makanan siap saji.

“warga yang terdampak banjir itu berharap normalisasi drainase,” pungkasnya. (Rus/Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *