Berapakah Dosis Vitamin C & D Yang Benar ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Di era Pandemi yang berkepanjangan ,mematikan segala sendi kehidupan, semua manusia dirumahkan, kerja dirumah ,Istirahat dirumah yang dihadapi buka mata dan tutup mata dinding tembo melulu pengaruh berita medsos yang tak karuan ,manusia menjadi takut maka dengar sana sini ikut latah minum obat ada yang minum vitamin 10 macam yakni vitamin A,B,C,D ,E, K dengan botolnya berderetan rapi di meja makan nsmum ada yang mengeluh takbisa nafsu makan dibeli lagi obat vitamin penambah nafsu makan sampai menceret dia tak sadar karena semua ada ulah minum vitamin overdosis atau kelebihan obat minum vitamin.untuk membahas ini kita turunkan artikel singkat ini,selmat membaca,,!

Memang selama masa pandemi COVID-19 ini, suplemen yang mengandung vitamin C dosis tinggi ramai dicari. Ini karena orang-orang sangat ingin melindungi tubuh dari virus yang tidak diinginkan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan dan batu ginjal. Terlalu banyak asupan suplemen vitamin C hanya akan membebani tubuh, akibatnya dosis mulai menumpuk dan berpotensi menyebabkan gejala overdosis. Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang sebenarnya tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, karena asupan vitamin C dapat dengan mudah didapatkan melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Dosis vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi orang dewasa adalah 65-90 miligram per hari. Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan tubuh dengan mengonsumsi vitamin C melebihi jumlah tersebut, namun justru dapat menimbulkan berbagai efek samping. Dosis vitamin C harian untuk bayi hingga orang dewasa yang dianjurksn oleh medical news :
1. 400 mg untuk bayi usia 1-3 tahun
2. 650 mg untuk anak usia 4-8 tahun
3. 1.200 mg untuk anak usia 9-13 tahun
4. 1.800 mg untuk remaja usia 14-18 tahun
5. 2.000 mg untuk orang dewasa usia di atas 19 tahun
Ada banyak sumber vitamin C, mulai dari buah dan sayuran hingga suplemen. Meski banyak sekali manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi vitamin C (overdosis vitamin C) juga dapat mendatangkan penyakit.Manfaat vitamin C sangat penting dalam mendukung pertumbuhan badan. Selain itu, vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu pembentukan jaringan ikat.Vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayur, seperti brokoli, strawberry, dan cabai merah. Selain dari sayur dan buah, berbagai manfaat vitamin C juga bisa diperoleh dari tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan ke dalam air, permen, pil, hingga dalam bentuk suntik vitamin C.

MANFAAT VITAMIN C BAGI TUBUH
1. Membantu pembentukan jaringan kolagen di sekujur bagian tubuh
2. Memiliki efek antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit
3. Memiliki efek antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit
4. Memperbaiki suasana hat dan Mengurangi rasa letih
5. Menjaga fungsi sel saraf dan Membantu regulasi sistem imun
6. Melindungi jantung
7. Membantu pemulihan luka, karena fungsinya dalam pembentukan jaringan kolagen
8. Membantu penyerapan zat besi non-heme sehingga juga mencegah anemia

TANDA TANDA EFEK SAMPING VIT C
1. Diare muntah Mual
2. Nyeri ulu hati
3. Kram dan sakit perut
4. Insomnia
5. Batu ginjal
6. Sakit kepala

Biasanya efek samping tersebut akan mereda segera setelah konsumsi vitamin C dihentikan. Namun perlu diperhatikan, sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak di masa kehamilan, dapat menyebabkan sakit perut dan meningkatkan risiko mengalami kelahiran prematur
1. Gangguan Pencernaan
2. Gangguan Batu Ginjal
3. Nutrisi Tidak Seimbang
4. Menyebabkan Taji Tulang

VITAMIN D
Vitamin D memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh terutama untuk kesehatan tulang dan sistem imunitas tubuh. Namun, penggunaannya harus tepat. Terlalu banyak konsumsi Vitamin D dapat memberikan efek samping pada tubuh.Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan, vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi berbagai ikan laut, minyak ikan, susu, jamur, hati, dan kuning telur.Untuk mengaktifkan vitamin D yang sudah didapat dari makanan, diperlukan bantuan sinar matahari. Setiap orang di Indonesia, direkomendasikan mendapat paparan sinar matahari 5-15 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

TANDA OVERDOSIS VITAMIN D
1. Mual Muntah
2. Rasa haus meningkat
3. Banyak buang air kecil
4. Sakit kepala Kelelahan
5. Hilang nafsu makan
6. Mulut kering dan rasa logam.

Dalam jangka panjang, vitamin D dosis tinggi dapat menyebabkan penyakit karena kerusakan organ dalam tubuh seperti penyakit ginjal.Orang-orang dengan kondisi khusus seperti menderita aterosklerosis, histoplasmosis, hiperparatiroidisme, limfoma, tuberkulosis, dan penyakit ginjal mesti berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin

EFEK SAMPING VITAMIN D
1. Kadar kalsium darah meningkat
2. Nafsu makan turun
3. Sakit perut, sembelit, atau diare
4. Pengeroposan tulang
Oleh sebab itu dianjurkan patuhi protokol kesehatan jangan sembarangan minum vitamin overdosis, Banyak bukan berarti bagus yang penting tepat dosis kwalitet dikit tapi membawa manfaat yang berguna,
RobertoNews1550《17.9.22(05.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait