Berbagi Keceriaan Idul Fitri Untuk WNI di Tanzania

  • Whatsapp

Kota Dar es Salaam, Guna menjalin tali silaturahim dan berbagi keceriaan dengan WNI di negara akreditasi, KBRI Dar es Salaam membagikan paket makanan siap saji idul fitri khas nusantara kepada para WNI yang bermukim di kota Dar es Salaam, di hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2020

Program ini dilakukan karena situasi pandemi yang ada tidak memungkinkan KBRI menyelenggarakan silaturahim Idul Fitri bersama dengan WNI sebagaimana yang biasanya dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

“Perayaan Idul Fitri tahun ini cukup spesial, karena dengan adanya situasi pandemi, banyak dari kita yang harus merayakannya bukan dalam kesemarakan dan keceriaan berkumpul bersama sanak saudara, namun dalam kenyamanan rumah masing-masing, dengan mengandalkan teknologi komunikasi yang ada. Semoga Idul Fitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada tersebut. Sebaliknya, manfaatkanlah momentum ini untuk menggali lebih dalam makna spiritualisme Idul Fitri agar kita dapat benar-benar terlahir menjadi insan yang lebih baik.”

Demikian disampaikan Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede dalam video sapaan kepada WNI di negara akreditasi KBRI Dar es Salaam
Duta Besar RI juga tetap menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama masa pandemi. “Tidak lupa saya mengajak semuanya untuk tetap menjaga kesehatan melalui physical distancing dan sanitasi diri, serta tetap saling mendukung dan menguatkan satu sama lain agar dapat melewati masa pandemi ini.” Himbau Dubes RI.

Sebanyak 54 WNI yang tinggal di kota Dar es Salaam yang mendapatkan paket makanan tersebut menyambut baik program tersebut. Salah satunya adalah Bapak Kusworo, WNI yang telah 4 tahun tinggal di Dar es Salaam untuk bekerja sebagai tenaga ahli perusahaan manufaktur sepatu di Dar es Salaam. Beliau menyampaikan “Ini program yang sangat bagus untuk mengobati rasa rindu suasana berlebaran di tanah air dalam situasi pandemi ini.”

Paket makanan idul fitri tersebut juga diberikan kepada pengurus Masjid Mamor, Masjid terbesar di Tanzania, sebagai bentuk rasa persahabatan antar umat muslim Indonesia dan Tanzania.

Selain itu, kepada WNI yang tinggal di luar kota Dar es Salaam, sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19 serta antisipasi kesulitan akses terhadap logistik yang diperlukan, KBRI Dar es Salaam juga kembali mendistribusikan paket tahap kelima bantuan pangan dan sanitasi kepada WNI yang bermukim di Zanzibar dan Arusha.

Distribusi dikoordinasikan dengan WNI yang berada di daerah tersebut, dalam hal ini WNI yang telah puluhan tahun tinggal di Arusha sebagai rohaniawan, dan WNI yang bekerja sebagai tenaga terampil di industri pariwisata Zanzibar.
Sebanyak 102 WNI saat ini bermukim di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam dan sebagian besar tengah melakukan physical distancing untuk mencegah penularan COVID-19. KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk mengupayakan agar seluruh WNI tersebut tetap berada dalam kondisi sehat dan aman.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait