Buka Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, Bunda Niken : Perkuat Semangat dan Pengabdian sebagai Kader

  • Whatsapp

Dompu,Berita Lima.com.
Ketua TP.PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., membuka secara resmi Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, Jum’at (12/8/2022) di lapangan Beringin, kantor Bupati Dompu.

Bunda Niken, sapaan Ketua TP.PKK Provinsi NTB, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jambore Kader PKK merupakan wadah untuk memperkuat semangat, meningkatkan silaturahmi dan pengabdian sebagai kader.

“Jambore ini diikuti oleh para TP. PKK Provinsi, Kabupaten/Kota dan kader terpilih, dengan harapan agar dapat meningkatkan silaturahim, bertukar pengalaman, meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas pembangunan,”kata Ketua wanita yang juga menjabat ketua Dekranasda NTB ini.

Lebih lanjut, Bunda Niken mengatakan bahwa TP. PKK sebagai mitra pemerintah, telah menyelaraskan programnya, dengan kebijakan program pemerintah melalui OPD terkait.

“Tentu saja, kami memahami bahwa semua ketua TP. PKK merupakan istri-istri kepala daerah, yang telah berhasil bermitra membina TP PKK Kecamatan hingga desa di daerah dalam mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah di daerah,”ungkap alumni UI tersebut.

Dalam rangkian kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, terdapat berbagai aktifitas, seperti lomba-lomba untuk para peserta jambore.

“Kegiatan lomba ini, untuk menuangkan dan menguatkan program-program TP. PKK, yang menjadi unggulan kita, agar meningkatkan kualitas dan kepekaan ibu-ibu ketua TP.PKK Desa yang menjadi ujung tombak ditingkat desa,”tambah istri Gubernur NTB.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan sinergi ketua TP.PKK Dompu beserta Bupati Dompu yang telah berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB tahun 2022.

“Jambore digelar 2 tahun sekali, tahun 2022, Kabupaten Dompu dipercayakan menjadi tuan rumah. Penentuan tempat berdasarkan kesepakatan bersama dengan 10 Kabupaten/Kota,”tutupnya.

Sementara itu, ketua TP.PKK Kabupaten Dompu Lilis Suryani Kader Jaelani, menyampaikan selamat datang kepada peserta Jambore kader PKK tingkat Provinsi NTB Tahun 2022, di Kabupaten Dompu Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan memotivasi para kader PKK meningkatkan kinerja dalam mewujudkan keluarga sehat, maju dan mandiri.
“Meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan dan sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan hidup sehat,”jelasnya.

Mengusung tema, “ Tingkatkan Kinerja PKK Melalui 10 program pokok PKK “Jambore kader ke Provinsi NTB Tahun 2022, dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 Agustus Tahun 2022 bertempat di Kabupaten Dompu di lapangan beringin dan lakey Kecamatan Hu’u.
Ditambahkan Bupati Dompu, Kader Jaelani bahwa mewakili pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Dompu menyampaikan penghargaan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini terutama kepada pemerintah Provinsi NTB yang telah menunjuk Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah.

Diakuinya bahwa melalui Jambore kader PKK, akan memberikan kontribusi bagi kemajuan dan perubahan daerah yaitu terbangunnya kerjasama kebersamaan dan solidaritas antar kader PKK masing-masing Kabupaten/Kota se NTB.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas dan fungsi TP.PKK. Terus menjalin kerjasama yang serasi Selaras dan Harmoni untuk mendukung program-program pemerintah,”kata Bupati

Selain itu, paparnya bahwa sinergitas dengan berbagai pihak diperlukan guna mewujudkan Dompu yang Masyhur, NTB Gemilang dan Indonesia maju.

“Jambore kader PKK ini juga dapat menjadi Wahana melahirkan kader PKK yang tangguh untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat yang meningkat dan gerakan pemberdayaan program kesejahteraan serta pembangunan, sebagai mitra kerja pemerintah PKK,”

Bupati juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan manajerial sehingga berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakannya dapat memberikan nilai yang lebih baik kesejahteraan masyarakat.

“Kepada Camat, kepala desa dan seluruh masyarakat untuk dapat mendukung berbagai program dan kegiatan di wilayah masing-masing guna memberikan ruang bagi TP.PKK untuk berkontribusi dalam pembangunan,”tutupnya.

Turut hadir pada pembukaan Jambore Kader PKK se-NTB Tahun 2022, Anggota DPR RI perwakilan NTB H. Syafrudin, Kepala OPD lingkup Pemprov. NTB, wakil Bupati Dompu, Sekda Dompu, anggota DPRD Dompu, FKPD Dompu, OPD lingkup Kabupaten Dompu, GOW, DWP, organisasi wanita lainnya, BUMN, Camat, Lurah, Kades, Toma, Toga dan masyarakat Dompu.(ebl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait