Bupati Bondowoso Launching Siskeudes Online

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Bupati Salwa Arifin melaunching Sistem Keuangan Desa berbasis Online versi 2.0 di Pendopo Bupati, Rabu (30/1).

Bupati Salwa Arifin, dalam sambutanya mengatakan, Siskuedes online ini merupakan bagian dari realisasi prinsip transparan dalam pengelolaan DD/ADD. Karena memang di dalam pengelolaan DD/ADD haruslah tranparan, akuntabel dan parsipatif.

“Ini juga bisa mempermudah kinerja apratur desa dalam pengelolaan DD/ADD,” terangnya.

Ia pun mengharapkan dengan aplikasi Siskeudes ini maka tata kelola keuangan desa bisa dimanfaatkan dengan baik dan akurat. Sehingga bisa terhindar dari berbagai permasalahan yang ada.

Sementara itu, Kepala Inspektorat, Wahyudi Triatmadji dalam pemaparannya, bahwa Siskeudes merupakan aplikasi system keuangan desa berbasis komputer yang dikembangkan oleh BPKP (badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan). Dengan tujuan, untuk menerapkan tata kelola keuangan desa yang bersih dan transparan.

“Bagaimana bagi Kabupaten yang tidak menggunakan Siskeudes? Laporannya ditolak oleh BPKP pusat,” ungkapnya.

Ia pun menerangkan bahwa ada sejumlah keunggulan dengan menggunakan aplikasi Siskeudes online ini. Seperti yakni dengan metode online ini maka penyimpanan data pada stau server dapat diyakini bahwa data pada level desa, kecamatan, dan kabupaten akan sama.

“Tidak ada lagi kejadian bahwa data desa, kecamatan dan kabupaten berbeda. Tujuannya aplikasi ini,” terangnya.

Di samping itu, dengan aplikasi ini maka kecepatan, ketepatan dalam pelaporan data. Sehingga, saat ada permintaan data bisa langsung diakses melalaui databse yang ada di server. Karena database semua desa ada di server aplikasi ini.

“Servernya sementara ada di Inspektorat. Yang semestinya nanti server ini setelah ini berjalan semua selesai akan kita serahkan ke Kominfo,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *