Bupati Jember Studi Tour ke TPST Samtaku Badung Bali

  • Whatsapp

BADUNG, beritalima.com | Bupati Jember H. Hendy Siswanto melakukan studi tour ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Sampah Tanggung Jawabku (TPST – Samtaku) di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Minggu pagi (28/11/2021).

Dalam Press Releasenya, Bupati sengaja menyempatkan keliling melihat keseluruhan proses pengolahan sampah di TPST Samtaku, Jimbaran, agar kedepan dapat diimplementasikan di Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Berdiri di lahan seluas 5000 persegi, dipersiapkan mengolah sampah sebanyak 120ton perharinya.

TPST Samtaku Jimbaran, mengedepankan model Zero Waste to Landfill atau metode pengolahan sampah yang dimanfaatkan seluruhnya. Sehingga tidak ada residu yang akan diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Seluruh sampah organik dan non organik benar-benar dipilah, untuk diolah sebagai material daur materi dan energi yang bermanfaat. Mulai dari kompos hingga bahan pengganti batu bara.

Bupati menyatakan, persoalan sampah di manapun tempatnya, akan menjadi tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.

“TPST Samtaku Jimbaran memberi kami pelajaran penting, adanya kolaborasi dari sektor private, pemerintah dan masyarakat secara langsung, untuk menangani isu sampah,” ungkapnya.

Ke depan, Bupati Hendy akan menyiapkan solusi yang sama untuk persoalan sampah di Kabupaten Jember.

Dia cukup prihatin, karena salah satu penyebab banjir selain curah hujan, adalah sampah-sampah dan limbah yang menumpuk di sungai.

“Jika diolah dengan benar, sampah juga bermanfaat secara ekonomis,” tutupnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait