Bupati Pamekasan Bersama DPR RI, Tinjau Lokasi Pembangunan Embung di Desa Samiran

oleh -249 views

Bupati Pamekasan dan wakil Bupati bersama para rombongan dari Komisi V DPR RI ketika Tinjau Pembagunan Embung di Desa Samiran.

PAMEKASAN, Beritalima.com| Dalam rangka peningkatan infrastruktur rencana perluasan pembangunan embung Samiran di Desa Samiran, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

www.beritalima.com

Bupati Pamekasan dan wakil Bupati bersama para rombongan dari Komisi V DPR RI bidang infrastruktur dan perhubungan bersama beberapa kementerian RI melakukan peninjauan di daerah area pembangunan embung tersebut, yang rencananya pada Tahun 2021 diusulkan akan diperluas pembangunan embung atau waduk.

Dari pantauannya, selain beberapa rombongan kementerian RI juga tampak Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian PUPR, Dirjen SDA, Kepala BPWS, lembaga pemerintah Non Kementerian, yakni Basarnas.

Menurut Ketua Komisi V DPR RI Nur Hayati, dari Fraksi PPP, mengatakan, jika kunjungannya kali ini yaitu dalam rangka mengecek infrastruktur embung yang dibangun di Desa Samiran, Kabupaten Pamekasan. Juga untuk mengantisipasi adanya soal bencana kekeringan di Pamekasan.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Kementerian PUPR atau mintra kerja kami untuk segera mungkin merealisasikan program yang diinginkan oleh Kabupaten Pamekasan, salah satu pembangunan embung seluas 3 hektar,” katanya ketika sambutannya di Lokasi embung Samiran, Kamis(13/02/2020).

Namun demikian, kata Nurhayati, tanpa adanya dorongan dari pemerintah daerah dan masyarakat Pamekasan program prioritas tidak akan terealisasi.

“Nanti kita akan minta kementerian untuk kucurkan dana, serta sarana irigasi yang perlu diperbaiki,” ucapnya

Lebih lanjut Komisi V DPR RI menghimbau kepada Kementrian Mitra Kerja untuk mendorong agar merealisasikan program yang diinginkan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan, seperti Pembangunan Embung atau Waduk.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, menjelaskan dalam kunjungan rombongan DPR RI tersebut dalam rangka menunjang langsung berbagai rencana kabupaten Pamekasan, terutama perihal pembangunan.

Dilanjutkan Bupati Pamekasan, pada pertemuan tersebut terdapat berbagai rencana pembangunan yang diusulkannya. Salah satunya perluasan water treatment di Desa Samiran, kecamatan Proppo.

“Yang sebelumnya , eksisting ini 1 hektar, kita usul yang 3 hektar itu untuk dibangun di tahun 2021,” sambungnya kepada Media.

Perluasan tersebut, menurut Bupati, dirasa perlu dilakukannya. Sebab hal itu untuk memenuhi berbagai macam ancaman kekeringan terhadap 3 kecamatan di Pamekasan.

“Kami mengusulkan ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan air dan irigasi pertanian di 2 bahkan 3 kecamatan. Kecamatan Kota, Kecamatan Proppo, dan Kecamatan Tlanakan,” jelas Baddrut

Selain itu pihaknya juga mengusulkan adanya WTP yang nantinya akan dikelola PDAM Kabupaten Pamekasan. Hal tersebut untuk memenuhi kekurangan konsumsi air bersih di Pamekasan.

Terpisah Direktur PDAM Agoes Bachtiar, mengatakan, dirinya sudah siap untuk mempersiapkan 100%.

“Kami tentunnya sudah siap 100%, untuk melakukan hal ini, nantinya dengan segala yang kita akan lakukan,”pungkasnya[AR] www.beritalima.com

www.beritalima.com