Bupati Sumenep Launching Madura Ethnic Carnifal 2023

  • Whatsapp
Bupati Sumenep Launching Madura Ethnic Carnifal (MEC) 2023

SUMENEP, beritalima.com|
Bupati Sumenep Launching Madura Ethnic Carnifal (MEC) 2023

Madura Ethnic Carnival (MEC) tahun 2023 resmi dilaunching oleh Bupati Sumenep, Jawa Timur Achmad Fauzi, S.H.,M.H Sabtu (18/3/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Launching MEC 2023 dilaksanakan di Aula Pesantren Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura bersamaan dengan Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing Sumenep 2023.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat melaunching MEC 2023 secara virtual menyatakan, event ini menjadi bagian mengenalka kearifan lokal melalui konsep berbeda. Selain itu MEC sebagai wadah serta mengasah kreativitas anak muda.

“Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim. Saya melaunching event Madura Ethnic Carnival 2023 yang akan dilaksanakan bulan September 2023 di Kabupaten Sumenep,” ucap Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Dalam kesempatan yang sama orang nomer satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu mengajak wisatawan dalam maupun luar negeri untuk datang ke Kabupaten Sumenep untuk menyaksikan MEC 2023 secara langsung.

“Ayo semua masyarakat Indonesia datang ke Kabupaten Sumenep. Juga bagi wisatawan manca negara kita selalu terbuka, nikmati semua keindahan dan event di Kabupaten Sumenep,” ajak Bupati Fauzi.

Sementara itu pada kesempatan lain, Ketua Panitia MEC 2023 Nur Khalis menyebutkan, MEC merupakan perluasan dari event Pelangi di Sumenep yang digagas Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS). Karena event ini lahir dari sebuah perpaduan budaya tradisional dan kreatifitas masyarakat lokal.

“Kita ingin cakupan yang lebih luas, jika sebelumnya hanya untuk wilayah Sumenep saja kali ini secara umum,” kata Nur Khalis.

Dia menerangkan, tema yang diangkat pada MEC 2023 yaitu “Magneficient of Kerapan Sapi”, sehingga peserta bisa berkreasi sesuai dengan ide masing-masing dan dituangkan dalam bentuk kostum.

Lebih lanjut, Nur Khalis menambahkan, tidak hanya berkesuaian dengan tema namun 20 persen bahan baku kostum harus menggunakan daun siwalan.

“Kenapa daun siwalan, kita pernah coba di event beberapa tahun lalu dan hasilnya bagus, banyak kreasi. Untuk tema karapan sapi untuk mengenalkan tradisi Madura dalam bentuk berbeda,” paparnya.

Sesuai jadwal MEC 2023 akan digelar 16 September 2023 bertempat di pusat Kota Sumenep. Untuk pendaftaran dibuka mulai bulan Mei hingga Agustus 2023.
(In/An***)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait