Cegah Mudik, Polda Metro Jaya Siapkan Penyekatan di Tol dan Terminal

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com | Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal melakukan penyekatan di sejumlah ruas jalan, seperti jalan tol dan terminal bus, untuk mengantisipasi masyarakat mudik pada Idul Fitri 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan melakukan penyekatan untuk memeriksa kendaraan yang melintas baik yang hendak menuju ataupun keluar dari kota Jakarta.

“Rencana kami akan melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan penumpang baik mobil, bus maupun motor yang meninggalkan Jakarta pada tanggal tersebut,” ujar Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Jumat (9/4/2021).

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan, pihaknya belum mengeluarkan keputusan melakukan penyekatan terkait kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah pada Hari Raya Idul Fitri 2021.

Kami juga masih menunggu kebijakan dari pemerintah untuk hal ini, tetapi kita sudah siapkan rencana pengamanan (penyekatan),” ujar Yusri Yunus kepada awak media, Kamis (8/4/2021) di Mapolda Metro Jaya.

Menurut Yusri Yunus, skema pengamanan dan penyekatan mudik lebaran 2021 tidak jauh berbeda dengan skema penyekatan larangan mudik pada 2020. Dengan menyiagakan pos pemantauan di jalan tol, arteri, dan berbagai ruas jalan lainnya.

“Tetapi ini masih wacana, karena kita harus menunggu kebijakan dari pemerintah. Nanti kalau sudah keluar kebijakan itu baru kita rapatkan bersama dengan instansi terkait. Khususnya perihal cara bertindak petugas di lapangan,” tandas Yusri Yunus.

Fredi/Redian, Beritalima.com

Pos terkait