beritalima.com

Dampak Corona, KPM Desa Matanair Rubaru Sumenep Terima Jatim Puspa

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com| Desa Matanair Kecamatan Rubaru Sumenep merupakan salah satu dari desa yang mendapatkan program Jatim Puspa 2020.

Program Jatim Puspa ini merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Penanganan Dampak Covid -19 dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terdampak sehingga dapat pulih dan meningkat ketahanan sosial dan ekonominya.

Bacaan Lainnya

“Program Jatim Puspa ini ini sebagai upaya bantuan pada kaum perempuan yang ada di desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep Jawa Timur”, demikian disampaikan camat Rubaru Arif Susanto, AP. saat menyerahkan bantuan Jatim Puspa, Jum’at (23/10/2020) dibalai desa setempat.

Camat Rubaru Arif Susanto, AP. menjelaskan program Jatim Puspa difokuskan untuk meningkatkan pendapatan keluarga penerima manfaat (KPM) dan sasarannya adalah para kaum perempuan yang memiliki usaha tingkat kesejahteraan rendah.

Menurutnya, Program Jatim Puspa adalah Pemberdayaan Usaha Perempuan yang merupakan salah satu program refocussing Dalam Rangka Penanganan Dampak Covid-19. “Program Jatim Puspa di fokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemulihan dampak wabah Covid-19”, jelas Camat Arif.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sasaran Jatim Puspa adalah perempuan yang memiliki usaha dan memiliki tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Selain itu Program Jatim Puspa juga ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Sejahtera Program Keluarga Harapan (PKH). Imbuh Camat Rubaru Arif Susanto, AP.

Ditempat yang sama, H. Ghazali, SH, MH. Kepala desa Matanair Menuturkan, bantuan Jatim Puspa ke desa Matanair itu ada 14 item serta terdiri dari 68 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jatim Puspa merupakan program Pemberdayaan Usaha Perempuan yang merupakan salah satu program refocusing dalam dangka penanganan dampak Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Program Jatim Puspa merupakan program kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa timur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid -19.
“Jadi kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, Alhamdulillah masyarakat saya banyak terbantu, jadi masing – masing KPM itu menerima bantuan berupa barang dengan nilai Rp. 2.500.000 (dua juta limaratus ribu rupiah) per KPM”. Ungkap Ghazali.

Ada beberapa usaha yang digeluti oleh KPM di Desa Matanair terutama usaha kecil. Dengan bantuan tersebut, Ghazali berharap KPM bisa meningkatkan ekonominya di tengah Pandemi.

“Kami berharap KPM warga Matanair yang mendapat program Jatim Puspa agar mempergunakan bantuan tersebut dengan baik untuk meningkatkan ekonominya,” harapnya.
(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait