Datangi Gedung Dewan, BBB Tuntut Pembubaran FPI

  • Whatsapp

BANYUWANGI beritalima.com – Banyuwangi Bela Bangsa (BBB) mendesak Polri membubarkan ormas yang melakukan aksi kekerasan, intoleransi dan memecah belah persatuan bangsa agar dibubarkan. Selain itu, BBB juga mendukung kepolisian menuntaskan penanganan hukum kasus penistaan pancasila yang dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Sihab.

Tuntutan itu disuarakan gabungan 38 LSM, pesantren, pergerakan mahasiswa, serta perkumpulan lainnya yang ada di Bumi Blambangan saat menggelar aksi damai di DPRD Banyuwangi, Rabu (25/1/2017). Permintaan BBB ini disuarakan perwakilan aksi, Hermanto, dalam bentuk petisi yang terdiri dari 5 tuntutan.

“Kita mendukung Polri mengusut kasus penistaan agama yang dilakukan Rizieq Sihab dan meminta pemerintah juga kepolisian untuk menindak tegas pelaku intoleran. Kami juga mendesak Presiden Joko Widodo agar membubarkan ormas yang melakukan kekerasan, intoleransi, penghasutan dan merusak ketentraman keharmonisan kedamaian bangsa, terutama FPI. Pemda dan DPRD Banyuwangi juga kita minta untuk mengusulkan pembubaran FPI. Menghadapi ini masyakarat kita ajak bersatu menghindari provokasi maupun fitnah,” terang mantan Ketua DPRD Banyuwangi.

Petisi yang diajukan BBB itu mendapat dukungan dari Ketua dan Wakil DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara serta M. Joni Subagyo. Seluruh anggota dewan yang hadir dalam pertemuan juga menyalurkan dukungan dalam bentuk tanda tangan dalam lembar petisi.

“Menyebut asma Alloh, dengan ini saya mendukung pembubaran FPI,” tegas M. Joni Subagyo usai membubuhkan tanda tangan di atas lembar petisi.

Petisi yang yang telah disetujui DPRD tersebut, kemudian diserahkan kepada perwakilan massa BBB yang terus menggelar aksi di halaman gedung dewan. Sejumlah tokoh tenar di Bumi Blambangan, Eko Sukartono, Marsindi, Nanang Nurahmadi juga turut tergabung dalam BBB.

Sejumlah personil kepolisian terus mengawal aksi damai yang awalnya dimulai di depan Pemda Banyuwangi. Usai menyuarakan tuntutan, massa BBB ganti bergeser ke gedung wakil rakyat. Kabagren Kompol Bagio MM, Kabagsumda Kompol Mustakim dan Kabagops Kompol Sujarwo memimpin pengamanan aksi yang dilakukan personil kepolisian. Aksi yang digelar pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB ini berjalan damai.(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *