Deklarasi Erik Thohir Presiden, Komunitas Petani Banyuwangi Minta PTPN XII & PT IGG Peduli Warga dan Pengusaha Lokal

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Komunitas Petani Banyuwangi meminta Erik Thohir, Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk sidak dan mensikapi PTPN XII dan PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang berada diwilayah Glenmore. Pasalnya sejak berdiri pabrik Gula terbesar se Asia tersebut hingga kini belum memberikan manfaat kepada warga sekitar.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ahmad Toha, Ketua Komunitas Petani Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur saat deklarasi dukung Erik Thohir Menjadi Presiden 2024 yang digelar di Kafe Naga Swarta, Desa Tegalharjo, Glenmore, (18/6/2022).

Bacaan Lainnya

“Kami sebagai orang lokal minta kepada Menteri BUMN untuk melihat kondisi dilingkungan PTPN XII dan PT IGG di Glenmore,” ucap Ahmad Toha, kepada awak media.

Menurut Ahmad Toha, selama ini PTPN XII dan PT IGG belum sama sekali memberikan manfaat kepada warga dan pengusaha lokal. IGG dan PTPN XII tidak pernah sama sekali berpihak kepada pengusaha lokal dalam urusan pekerjaan. Dan kami menduga permainan kolusi didalamnya sangat kental.

Kata Toha, contohnya Kerjasama Usaha (KSU) lahan di PTPN XII ini sangat kental dengan permainan dan pengondisian. Warga lokal ingin mendapatkan lahan sangat susah walaupun sudah mengikuti prosedur,” ungkap Toha, usai deklarasi dukung Erik Thohir Presiden 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh Fahmi, salah satu tokoh pemuda asal Glenmore, bahwa sependapat dengan keluhan warga dan pengusaha lokal sekitar PT IGG dan PTPN XII.

Menurut Fahmi, semenjak ada PT IGG dan wilayah PTPN XII tanaman berganti tebu selalu menyisakan masalah bagi masyarakat dan pengusaha lokal.

“Jujur, kami masyarakat dan pengusaha lokal menganggap hanya dijadikan penonton oleh PTPN XII dan PT IGG,” ujar Fahmi.

Dalam acara deklarasi dukung Erik Thohir Presiden 2024 dirinya berharap agar menteri BUMN bisa turun langsung dan berdialok dengan kami warga dan pengusaha lokal sekitaran PTPN XII dan PT IGG. Disitu nanti akan kita sampaikan langsung kepada Pak Erik Thohir, soal PTPN XII dan IGG lengkap dengan data yang kami milik.

“Harapan kami, Menteri BUMN bisa langsung turun dan berdialok dengan warga dan pengusaha lokal sekitaran PT IGG dan PTPN XII wilayah Kecamatan Glenmore, Banyuwangi,” pinta Fahmi.

Seperti diketahui dalam deklarasi dukung Erik Thohir Presiden 2024-2029 yang digelar di Kafe Naga Swarta Desa Tegalharjo, Glenmore, dihadiri oleh puluhan perwakilan petani Kabupaten Banyuwangi. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kordinator Lapangan (Korlap) pemenangan Erik Thohir, Jawa Timur.(bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait