Desa Bawongso Gelar Even Kopi Nasional.

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Tampak 50 orang pecinta kopi dari berbagai penjuru negeri mengikuti even Kofintip yang bertajuk Devinsip Yoncup yang diselenggarakan desa Bawongso kecamatan Kalikajar kqbupaten Wonosobo.

Disampaikan ketua panitia, Yunairi acara yang diselenggrakan guna menjembatani pelaku hilir dan para petani, disitu dilakukan teori cara penanaman kopi dan paska panen dan cara pemetikanya.

Bacaan Lainnya

“Peserta yang mengikuti acara ini berasal dari berbagai provinsi yang ada di Sumatera, Kalimantan dan dari pulau Jawa.

Kegiatan ini mendatangkan nara sumber dari Malang Jatim serta founder klasik di bidang konservasi dari Bandung.

“Di sini dilakukan diskusi tentang pengolahan pasca panen, sesi plentesen mengupas pertanian diranah hulu seperti pemeliharaan dan lainnya.” Tambahnya.

Lebih jauh dikatakan pihaknya banyak hal yang didapatkan dalam event ini.

“Kita akan membangun petani yang mandiri dan berdaulat dengan cara mengumpulkan kelompok tani dan membina anak – anak muda bsehingga mereka menjadi petani yang dapat dibanggakan dengan konsepnya yang jelas.

Disinggung tentang keunggulan kopi Bowongso, Yunairi mengungkapkan pihaknya akan tetap konsisten dalam berkarya dengan mengeluarkan produk kopi arabika yang dikelola bersama komunitasnya.

Sementara itu, Gusti salah satu peserta dari kota Palangkaraya, Kalimantan tengah memaparkan kedayangannya ke Wonosobo berawal adanya informasi dari temannya bahwa di Bowongso ada even kopi.

“Ini suatu kebetulan di saat dirinya sedang mencari informasi dan ilmu tentang pengolahan kopi untuk dibawa ke kotanya” Tambah Gusti.

“Acara ini sangat luar biasa, kami bisa mengikuti kegiatan di kebun dengan proses paska panen dengan cara memetik kopi dan pengolahan. Selain itu, banyak hal yang dilakukan bersama warga,

Disebutkan bahwa Palangkaraya belum ada kebun kopi. Sebagai penikmat kopi tahunya hanya menyeduh saja. Asal kopinya di waktu terdulu dari tidak tahu asal kopinya namun hilirnya sudah paham. setelah mengikuti acara ini kami jadi dan banyak ilmu yang didapat yang harus diceritakan dan akan kami bagikan nantinya, Sebelum mempraktekan disana, kami akan menceritakan terlebih dahulu berbagi histori terkait dengan pengelolaan, pengolahan tentang perkopian.

Disinggung tentang rasa kopi Bowongso Gusti menjelaskan kopi Bowongso luar biasa dengan cita rasanya yang kuat dan enak, rasa asemya sangat menarik, manisnya, jucenya unik dan sangat khas banget.”Pungkas Gusti (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *