Jelang Coblosan, Sendang Tundung Medioen Banyak Didatangi Caleg

  • Whatsapp
Joko Pitono

MADIUN, beritalima.com- Nama Sendang Tundung Medioen yang berada di Jalan Sendang, Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, sudah tak asing lagi bagi kalangan spiritualis untuk melakukan ritual dengan berbagai macam tujuan.

Namun akhir akhir ini, terutama jelang Pileg, yang datang ke tempat tersebut bukan hanya kalangan spiritualis. Tapi tak sedikit calon legislatif (Caleg) dari berbagai daerah ke tempat itu.

Menurut salah satu juru kunci Sendang Tundung Medioen, Joko Pitono (51), pada umumnya oknum caleg yang datang ke tempat ini, untuk melakukan doa meminta kepada Tuhan YME.

“Jadi tujuannya Muhung Mahase Asepi Nyenyuwun Marang Kang Akarya Jagad (Menyendiri untuk berdoa meminta sesuatu kepada Tuhan YME),” terang Joko Pitono, Minggu 14 April 2019, malam.

Sementara itu mengenai keberadaan sendang yang ramai didatangi spirtualis pada malam Jumat Legi, Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon ini, konon merupakan bekas penjamasan (membersihkan) pusaka oleh Mpu Supa.

Satu diantara pusaka yang dulu dijamasi di tempat itu yakni keris Kyai Kolo Gumarang milik Adipati Madiun pertama, Ronggo Jumeno. Keris inilah konon yang mampu menaklukkan pusaka andalan Panembahan Senopati dari Mataram berupa tumbak bernama Kyai Pleret, saat Kadipaten Madiun memberontak kepada Mataram.

Cerita lain, selain sebagai tempat penjamasan pusaka, konon Sendang Tundung Medioen merupakan tempat pemandian para putri di Kadipaten Madiun. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *