Di Gereja St Yosep Fakfak, Misa Inkulturasi Budaya Berlangsung Meriah

  • Whatsapp

FAKFAK, beritalimacom – Memperingati Pentakosta, Paroki Santo (St) Yosep Fakfak melaksanakan Misa Inkulturasi Budaya, Minggu (4/6/2017) pukul 08.00 WIT. Misa ini merupakan perpaduan antara perayaan ekaristi dengan kebudayaan daerah.

Pantauan media ini, suasana Gereja St Yosep Fakfak tampak berbeda, karena umat bersemangat berbondong-bondong mengikuti misa inkulturasi budaya mengenakan pakaian adat istiadat masing-masing daerah yakni, suku Mbaham Matta, Timor, Jawa, Toraja, Batak, Manado, Cina, Kei, Tanimbar, Kamoro, Maybrat dan suku-suku lainnya yang ada di Kabupaten Fakfak.

Ibadah misa inkulturasi buadaya ini dipimpin Pastor Jhon Tala, Pr, yang juga Pastor Paroki St Yosep Fakfak. Dalam khotbahnya, Pastor mengajak umat berdoa, semoga bangsa mengalami ketenangan, perdamaian.

“Ibu, bapa sekalian, di hari raya pentakosta ini, mari kita berdoa memohon semoga bangsa dan negara kita sungguh-sungguh mengalami ketenangan, perdamaian,”pinta Pastor Jhon Tala.
Dalam misa tersebut, interior gereja didekorasi dengan lampion dan altar juga disemarakkan dengan berbagai corak budaya suku Cina berwarna merah yang harmonis.
Begitu juga lagu-lagu yang dinyanyikan dalam perayaan tersebut berasal dari berbagai etnis atau suku dengan menggunakan alat musik tradisional.

Usai misa, umat disuguhi berbagai tarian tradisional dari berbagai suku, diantaranya suku Mbham Matta, Timor, Jawa, Toraja dan suku Kei, yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Paroki St Yosep Fakfak dan jamuan makan siang bersama. [try]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *