beritalima.com

DKI Jakarta Raih Penghargaan Dunia Bidang Transportasi

  • Whatsapp
Perwakilan Pemprov DKI Jakarta di Acara Penganugerahan STA 2020 di Walter E. Washington Convention Center, AS, Selasa (14/01/2020)

JAKARTA, beritalima.com | Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mendapat pengakuan dunia atas prestasinya. Penghargaan buat daerah provinsi pimpinan Anies Baswedan kali ini di bidang transportasi.

beritalima.com

Adalah Komite Sustainable Award (STA) yang secara resmi mengundang DKI Jakarta (Indonesia) dan Pune (India) sebagai Honorable Mention atas penganugerahan dan pemenang Sustainable Transport Award 2020.

Penghargaan tersebut diberikan atas usaha kedua kota tersebut mengimplementasikan transportasi berkelanjutan di kota masing-masing.

Malam penganugerahan STA 2020 diselenggarakan di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa (14/1/2020) waktu setempat. Dalam sebuah seremoni, delegasi dari kedua kota hadir menerima langsung penghargaan tersebut.

Pemprov DKI mengirimkan delegasi yang diwakili Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negerinya, Hari Wibowo.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ungkap Sri Haryati, seterima penghargaan itu.

Malam Penghargaan Sustainable Award 2020 merupakan bagian dari “17th Annual Transforming Transportation Conference”, dimana delegasi dari Pemprov DKI juga ikut mempresentasikan perkembangan transportasi di Jakarta pada sesi panel “Transforming Transportation” tanggal 16 Januari 2020 di lokasi yang sama.

Sudah selama 15 tahun Sustainable Transport Award telah memberikan apresiasi bagi kota-kota di dunia yang mengimplementasikan strategi inovatif dalam isu transportasi perkotaan berkelanjutan seperti sistem transportasi massal, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda serta manajemen parkir. Komite ini terdiri dari para ahli dan organisasi skala internasional di bidang transportasi.

Dengan diterimanya penghargaan ini semakin membuktikan kinerja Gubernur Anies Bawesdan dalam mewujudkan transportasi di Jakarta menjadi transportasi berkelas dunia yang memiliki keunggulan dari segi ekonomis dan efisiensi subsidi anggaran.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berucap syukur atas diraihnya penghargaan tersebut. Menurut mantan Mendikbud ini, penghargaan ini juga sebagai penanda terjadinya perubahan positif di Jakarta, khususnya di bidang transportasi.

“Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih penghargaan honorable mention,” ujar Anies, di Instagram resminya, @aniesbaswedan, pada Jumat (17/1/2019).

Menurutnya, penghargaan itu diberikan berkat upaya DKI meningkatkan kualitas transportasi umum. Upaya itu di antaranya perluasan jaringan TransJakarta, integrasi melalui ‘Jak Lingko’, hingga peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum.

Namun dia juga mengemukakan, sekalipun diganjar penghargaan internasional, penghargaan terbaik adalah meningkatnya pengguna TransJakarta, juga transportasi-transportasi umum lainnya.

Disebutkan, jumlah pengguna TransJakarta tercatat meningkat 200 persen dalam waktu kurang dari 3 tahun. “Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan,” ujar Anies. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *