Dokter Kenapa Trigliseridaku Tinggi ..?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Suatu hari pak jerremy sedang mengambil darah sangat kental kata analis bagaikan lilin putih setelah diperiksa labora torium barutahu dia sakit Trigliserida ti ggi mencapai 1250 maka diserankan oleh dokternya harus diet makanan tanpa minyak beitu Bu Eva yang berusia 46tahun yang suka makan sop buntu dan kare kambing serta kacang kacangan sampai trigliserida 356 Kolesterol 435 ,dokternya minta diet dan berolahraga teratur,beda dengan Bu Asih yang mana dia sakit gondok puluhan tahun dokter bilang Trigliserida ti ggi bukan karena doyan makan tapi penyakit Gondok jadi apa itu Trigliserida , beda dengan kolesterol dimana! Mari kita bahas…..!

APA ITU TRIGLISERIDA,!
Trigliserida itu sendiri adalah sejenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah Anda. Lemak ini dihasilkan oleh organ hati, tetapi juga bisa berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Meski sama-sama zat lemak, trigliserida berbeda dengan kolesterol.Setelah makan, tubuh Anda akan mengubah kalori yang belum diperlukan menjadi lemak cadangan yang disebut dengan trigliserida. Kemudian, zat ini akan tersimpan di dalam sel-sel lemak untuk dipakai sebagai sumber energi pada lain waktu.

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.
Lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Setiap lemak yang tidak digunakan tubuh, akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan, trigliserida akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung.
Trigliserida tinggi, atau yang juga dikenal dengan hipertrigliseridemia, adalah kondisi ketika kadar trigliserida (TG) dalam darah Anda berada di atas batas wajar.Kadar Tg dalam darah dapat dikatakan normal apabila masih berada di bawah 150 mg/dL. Jika telah memasuki angka di atas 150 hingga 199 mg/dL, itu artinya sudah memasuki batas tinggi dan Anda harus waspada. Sementara itu, kadar TG yang berada di atas 200 mg/dL, itu berarti kadarnya tinggi dan sudah tergolong hipertrigliseridemia.

TANDA TANDA TRIGLISERIDA TINGGI ;
1. Sakit perut. &Demam
2. Mual.danMuntah.
3. Dispnea (sesak napas).
4. Penurunan nafsu makan.
5. Xanthoma
6. Pankreastitis

PENYEBAB TRIGLYSERIDA
1. Diabetes Mellitus
2. Penyakit ginjal
3. Kadar hormon tiroid rendah (hipotiroidisme)
4. Kelainan genetik yang disebut familial hypertriglyceridemia
5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti: diuretik ,obat imunosupresif,kortikosteroid, Vitamin A jenis retinoid, beta blockers,Obat HIV, Hormon estrogen dan progesteron

NILAI NORMAL
Normal

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait