DPD RI Dukung Pemerintah Divestasi Saham Freeport

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) mendukung langkah pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan divestasi saham PT Freport. Saat ini, saham masih perusahaan Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc yang beralamat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Karena itu, DPD RI menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Divestasi Saham PT Freeport Indonesia Sebagai Perwujudan Kedaulatan Negara Untuk Kemakmuran Rakyat,” kata OSO usai membuka seminar sehari itu di Ruang GBHN Komplek Parlemen Senayan Jakarta. Senin (13/8).

Dikatakan, DPD RI mengamati alotnya tarik ulur divestasi saham PT Freeport. Prosesnya dilakukan PT Inalum (Persero) selaku induk perusahaan BUMN pertambangan.

Setelah setengah abad ‘dikuasai’ Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, kata OSO, melalui proses divestasi saham, tambang Grasberg diharapkan benar-benar kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Melalui seminar ini diharapkan, kita semua mendapat penjelasan dan informasi yang mendetail, tepat dan kredibel tentang kelanjutan Head of Agreement (HoA) ke depan.

Sebagai bahan DPD menentukan langkah politik mencari solusi kepentingan bangsa dan Negara. Kami mendukung langkah pemerintah khususnya PT. Inalum dalam melanjutkan proses divestasi, sehingga harapan kepemilikan 51 persen saham segera terwujud,” ujar senantor dari Provinsi Kalimantan Barat itu.

Senada dengan OSO, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menyampaikan, hasil seminar ini akan menghasilkan solusi strategis dari DPD RI kepada Pemerintah dalam mempercepat proses divestasi saham PT.Freeport tersebut benar-benar menjadi milik Indonesia.

“Saya harap ini bisa menjadi sumbangsih signifikan dari DPD RI kepada pemerintah guna percepatan proses kelanjutan dan kelangsungan proses divestasi saham menjadi milik Indonesia,” sambung Nono.

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murip mendukung penuh pemerintah dalam melakukan proses kepemilikan 51 persen saham menjadi milik Indonesia. Hal tersebut menurutnya menjadi langkah maju demi kebaikan dan kemakmuran rakyat Papua yang sudah menderita puluhan tahun karena eksploitasi yang dilakukan tanpa memberikan imbal balik yang sepadan bagi kemakmuran papua.

“MRP mendukung penuh pemerintah untuk mengambil alih PT Freeport menjadi milik Indonesia. Jika terjadi kesepakatan selanjutnya dengan Freeport kami rakyat Papua untuk ikut dilibatkan serta berbicara dengan ketiga pihak pemerintah dan freeport, harus ada orang Papua bisa duduk mewakili disitu,” tegas Timotius.

Hadir dalam seminar itu Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Direktur PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum Budi Gunadi Sadikin, Iwan Munajat (Ikatan Ahli Geologi Indonesia/IAGI), dan Hikmahanto Juwana (Fakultas Hukum UI).

Juga tampak Pemprov Papua dan pimpinan/anggota Majelis Rakyat Papua, DPR Papua, pejabat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri; pengurus asosiasi kaum professional, jajaran pimpinan pusat organisasi mahasiswa; dan pemimpin redaksi. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *