Ekspedisi NKRI Ajak Pelajar di ASMAT Untuk Menjauhi Narkoba

  • Whatsapp

EKSPEDISI NKRI AJAK PELAJAR DI ASMAT UNTUK MENJAUHI NARKOBA

Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat memberikan penyuluhan  bahaya narkoba dan bahaya merokok kepada generasi muda yang dimulai dari siswa-siswi sekolah dasar kelas 6 di SD Inpres Syuru Distrik Agats Kabupaten Asmat pada Selasa, (22/8).

Materi bahaya Narkoba dan bahaya merokok, diberikan kepada siswa SD kelas 6, yang merupakan generasi muda yang akan menginjak sekolah menengah pertama (SMP). Kegiatan diawali Pemutaran film animasi bahaya Narkoba serta replika Narkoba menjadi bagian yang menarik dari kegiatan penyuluhan di SD yang terletak di Distrik Agats Kabupaten Asmat itu.

Sebanyak 60 orang pelajar, memperhatikan dengan seksama cerita film. Setelah pemutaran film, Tim Ekspedisi NKRI memberikan pertanyaan seputar film sehingga para pelajar mampu belajar menganalisa. Dihadapan siswa Tim Ekspedisi menyampaikan, “Narkoba singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang, dapat merusak atau melumpuhkan otak.

Pada awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok, penyalahgunaan narkoba terhadap anak, remaja, pelajar ditandai perubahan dalam sikap, sering membolos, menurunnya disiplinan dan nilai-nilai pelajaran, mudah tersinggung, cepat marah, sering menguap, mengantuk, dan malas, tidak mempedulikan kesehatan diri.

Tujuan dari peredaran narkoba tidak lain adalah untuk menghancurkan generasi bangsa, sehingga kita tidak lagi menjadi bangsa yang kuat karena masyarakatnya bodoh akibat kecanduan dan ketergantungan narkoba. Akibatnya bisa menghancurkan semuanya baik Sekolah, keluarga bahkan harta juga akan habis dan yang lebih parah lagi tingkat kejahatan akan semakin bertambah.

Dansubkorwil-1/Asmat Mayor Inf Febi Adrianto menyampaikan, “Penyuluhan narkoba adalah sebuah upaya untuk memperbaiki prilaku, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba, agar mampu menghindar dari penyalahgunaannya”.

“Upaya ini diharapkan efektif karena ditujukan pada mereka yang belum pernah menggunakan”, Ungkap Dansubkorwil. Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat  yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia. Ekspedisi NKRI mengajak generasi muda untuk peduli dan lestarikan alam Indonesia.

Autentikasi :

Pewira Penerangan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017, Lettu Inf Siswari

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *