Festival Uldaul Meriahkan HUT Sorot Publik Ke – 4

  • Whatsapp
Moh. Heriyanto, Pemimpin Redaksi sekaligus CEO sorotpublik.com

SUMENEP, beritalima.com| Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-4, media online sorotpublik.com menggelar Festival Ekonomi Kreatif Musik Ul Daul yang akan berlangsung nanti pada Sabtu (24/08/2019).

Pertunjukan musik Ul Daul yang selama ini cukup fenomenal di Madura. Sepanjang tahun pertunjukan ul daul mengisi berbagai acara. Mulai dari peringatan HUT kemerdekaan RI hingga acara wisuda siswa sekolah Taman Kanak-kanak. Baik yang diikuti secara kirab oleh puluhan kelompok pemusik ul daul di jalanan protokol ibukota kabupaten hingga ke pertunjukan tunggal di di pelosok desa. Setiap penampilannya tidak pernah sepi dari kehadiran ribuan penonton dari semua usia.

Saat ini musik Uldaul seakan menjadi icon penting di setiap acara-acara besar khususnya di wilayah Madura, seperti peringatan hari-hari besar Nasional, tutup ajaran sekolah (imtihan), maupun peringatan hari besar keagamaan. Sebab Ul daul dapat menyesuaikan konten-konten lagunya sesuai kebutuhan. Mulai dari lagu tradisional Madura, lagu dangdut, sampai lagu-lagu islami yang di kemas dalam musik qasidah.

“Alhamdulillah pesiapan HUT sorotpublik.com sudah mencapai 90%, dan ini karena kerja keras para crew dan panitia yang merelakan waktunya untuk mensukseskan acara nanti,” kata Moh. Heriyanto, Pemimpin Redaksi sekaligus CEO sorotpublik.com, Senin (12/08/2019).

Ia menjelaskan, panitia sudah bekerja maksimal sejak bulan Juli lalu guna menyukseskan event yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Disparbudpora, dan Muspika Kecamatan Dasuk itu.

“Saya berharap nantinya acara Festival Ekonomi Kreatif Ul Daul dalam rangka HUT sorotpublik.com yang ke – 4 ini berjalan tanpa adanya halangan apapun,” ucap Heri.

Acara dijadwalkan pada pukul 19.00 WIB sampai selesai. Rutenya, start dari depan Kantor sorotpublik.com di Jl. Nasional Jalur Pantura, akses Jl. Raya Dasuk, Desa Jelbuden hingga finish di SDN Nyapar.

Sementara itu, Setiap tahun ul daul bisa disewa hingga puluhan kali ditengah tingginya minat masyarakat menikmati ul daul yang semakin tinggi. Bagi seorang pemilik sekaligus pembina kelompok ul daul hal ini merupakan lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Secara langsung juga berdampak positif buat para remaja personil grup, selain memberikan penghasilan uang saku juga sebagai pengisi waktu luang ketika berlatih serta menjadi salah satu sarana penyaluran bakat mereka.

Demikianlah sepintas tentang salah satu kesenian yang populer di tengah saudara kita masyarakat suku bangsa Madura. Pertunjukan unik ini menjadi satu diantara ribuan kesenian di negara kita yang dihuni oleh ratusan suku bangsa lain yang juga kaya adat serta budaya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *