Gelaran Merayu Trenggalek Fashion Day, Diapresiasi Sejumlah Tokoh Nasional

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Gelaran Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Diantaranya datang dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, Chairman Mark Plus, Hemawan Kertajaya dan juga Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak.

Menurut menteri yang erat disapa Bintang Puspayoga itu, apa yang dilakukan Trenggalek merupakan fasilitasi dan pendampingan UMKM dari hulu dan hilir. Ini sangat perlu dilakukan karena bila hanya hulunya saja kemudian tidak ada pendampingan di hilirnya akan menjadi percuma.

Kemudian menurunya Batik Trenggalek semakin berkualitas. “Semakin hari motif dan perpaduan warnanya, penggunaan warna alam ini inovasi yang sangat luar biasa,” lanjut Menteri PPPA itu dalam opening hari ke-2 Merayu Trenggalek Fashion Day, Sabtu (21/5/2022).

Melihat acara ini sangat luar biasa, sambung Bintang. “Perkembangan sangat pesat, saya lihat ini memang Ketua Dekranasda-nya Trenggalek memang luar biasa. Tentunya kami menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya karena melihat Trenggalek Fashion Day tahun 2022 ini memberikan kesempatan UMKM menemukan pasarnya,” lanjutnya

Apalagi bila melihat dan berbicara UMKM, 50 % lebih sektor ekonomi mikro ini dimiliki dan dikelola oleh perempuan. “Maka dari itu saya mengapresiasi, terima kasih atas rangkaian acara dalam Trenggalek Fashion Day 2022 ini memberikan kesempatan-kesempatan pelaku UMKM yang kita yakin dan percaya mayoritas perempuan berkembang. Ini sangat penting, saya percaya apa yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Trenggalek ini akan berdampak positif kepada kemajuan UMKM Trenggalek,” tandasnya.

Lebih ekstrem lagi, pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia itu menyebut apa yang dilakukan Kabupaten Trenggalek sebagai sebuah kenekatan. “Trenggalek ini nekat ya. Bikin fashion show sendirian di sebuah tempat yang sangat historis (Museum Tekstil),” ungkap Hemawan.

Ini saya anggap, lanjutnya menambahkan, “sangat tepat sekali secara marketing. Ini memperkuat branding Trenggalek yang ingin menjadi sustainable city di tahun 2023 yang kita bahas dulu,” imbuhnya.

Saya sebagai orang yang dianggap orang tua oleh bapak bupati dan istri, sambungnya “saya senang melihat ini, meskipun hanya sebentar mampir karena saya masih punya kegiatan Jakarta Marketing Week. Hari ini hari ke-4 dan sangat padat, sehingga hanya bisa saya sempatkan waktu sebentar,” tandasnya.

Pujian pun datang dari Wakil Gubernur (Wagub) Jatim yang juga pernah menjadi bupati di Trenggalek yakni Emil Elestianto Dardak. Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu juga menyampaikan apresisasinya terkait apa yang telah dilakukan oleh Trenggalek. “Saya mengapresiasi sekali terobosan yang dilakukan Trenggalek. Jadi bukan hanya menyelenggarakan Fashion Show, tetapi juga menggandeng mitra dan juga stake holder strategis untuk ikut menjadi pendorong seperti ICSB, Ibu Dewi Motik, kemudian CEO Indonesia,” ungkap Wagub Jatim itu.

Suami Arumi Bachsin itu menambahkan, “ini menurut saya adalah bagian yang sangat penting untuk meninggkatkan Wirelees agar orang tahu dengan Batik Trenggalek, dengan show yang dikemas dengan cukup baik. Saya rasa pemilihan acara ini di Jakarta itu sangat tepat. Saya hadir di sini dengan Mbak Arumi karena saya bangga dengan Trenggalek,” imbuhnya.

Tentunya sebagai warga Trenggalek mendukung hal ini untuk bisa terus didorong. Dan tentunya ini juga bagian dari Jawa Timur yang menginspirasi rekan-rekan yang lain untuk terus juga berkembang dengan mencari jalan dengan caranya masing-masing.

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa saya tidak mengatakan ini industri yang hanya wanita, tetapi wanita punya keunggulan dalam induatti ini. Tentunya kita harapkan bahwa peran wanita akan semakin luas untuk mendorong potensi ekonomi kreatif. “Mereka punya bakat di situ,” tandas Wagub Jatim.

Tidak hanya ketiga orang ini saja yang mengapresiasi gelara Merayu Trenggalek Fashion Day yang digelar di Museum Tekstil itu. Dewi Motik sebagai Ketua Dewan Pembina CEO Indonesia juga menyampaikan hal yang sama pada sesi hari pertama. Kemudian Menparekraf, Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki dan juga Kepala Staf Kepresidenan, Jendral (Purn) Muldoko dalam video singkat, mereka memuji upaya Trenggalek dalam mendorong kebangkitan ekonomi di sektor UMKM ini. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait